LENSARIAUNEWS.COM | Pekanbaru-Hingga saat ini nasib gaji karyawan di Sekretariat KONI Kota Pekanbaru belum menemui titik terang. Padahal untuk anggaran KONI Kota Pekanbaru sebesar Rp1 Miliar sudah dicairkan oleh BPKAD Kota Pekanbaru awal Juni. Namun, tercatat sebanyak 12 orang karyawan KONI Kota Pekanbaru belum menerima gaji sebagaimana mestinya, Jumat 30 Juni 2023.

Seperti dikatakan seorang karyawan di Sekretariat KONI Kota Pekanbaru,”Kami dengan Penuh harapan, agar gaji akan dibayarkan! tapi begitu naas, informasi yang hanya kami dapatkan bahwa dana sudah raib ditelan untuk ‘pembayaran utang pada Pihak ke 3 dan cabor’.

Oleh karena itu, Karyawan disodorkan pinjaman dana sementara (sebelum Idul Fitri dan tanggal 6 Juni saat penarikan ke 2 dana KONI Pekanbaru).

“Untuk suguhan pinjaman yang ke 3, karyawan sepakat untuk tidak mau menerimanya dengan alasan, hanya berniat dan berharap menerima pembayaran gaji untuk bulan Januari – Mei 2023 ini, yang seyogyanya telah bisa dilakukan” ujar seorang karyawan kepada Awak Media ini, Jumat, 30 Juni 2023 , sore WIB.

Namun, penolakan tersebut berwujud fatal, dimana Ketua KONI Pekanbaru justru mempertanyakan “Dasarnya apa? untuk bisa membayarkan gaji kalian!”Tanya Ketua KONI Pekanbaru dicontohkan Karyawan ke Awak Media.

“Ketua KONI Pekanbaru beralasan bahwa SK Karyawan untuk Tahun 2023 ini masih dalam pembelajaran Perda dan Perwako setempat. Sebagai dasar untuk menerbitkannya serta melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, perihal standarisasi upah THL”Jelas Karyawan itu kepada Media ini masih mencontohkan apa yang dikatakan Ketua KONI Pekanbaru.

“Kami selaku karyawan merasakan intimidasi, kok bisa belanjanya dipertengahan tahun!? Kami seakan dijebak dengan kekuatan dan dalam aturan kekuasaan pimpinan tentang kesemenaan menentukan sikap!”Ujar Karyawan itu dengan nada kesal.

“Logikanya, andai kami diberikan pijaman sampai dengan 10jt , tiba-tiba timbul keputusan gaji cuma 5jt, tentu kami dijebak toh?!”. Lagipula gaji tersebut untuk kelangsungan rumah tangga kami, bukan untuk numpuk kekayaan. Kami juga punya hutang-hutang yang harus diselesaikan dengan uang gaji tersebut dan lain halnya jika KONI Pekanbaru yang melunasi beban hutang kami” masih kata Karyawan tersebut.

Karyawan KONI Kota Pekanbaru sudah berupaya menyuarakan hati kepada Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Dispora Kota Pekanbaru dan bahkan sudah menyurati Pj. Walikota Pekanbaru dan akan tetap terus berlanjut kepada instansi/pihak terkait Dana Pemerintahan ini.

“Kami mencoba mencari kebenaran akan rasa kekecewaan kami ini dan tempat bernaung atas semua putusan Ketua Umum KONI tersebut, baik itu pada Pembina Keolahragaan Kota Pekanbaru, instansi terkait, bahkan mungkin sampai pada fase dilakukannya pemeriksaan sepenuhnya oleh instansi berwenang berdasarkan data dan informasi yang kami ketahui dan bantuan pihak-pihak yang berkompeten yg berkenan mendukung kami”Harap Karyawan di Sekretariat KONI Pekanbaru itu.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *