Duri,Riau,”- LENSARIAUNEWS COM./Berdasarkan pantuan dilapangan, sejak bulan Mei sampai bulan Juni 2024 ini, diduga Pabrik Kelapa Sawit PT. Pelita Agung Agrindustri (PT. PAA) Duri ini, terus mengeluarkan semburan abu boiler ke udara, partikel halus limbah yang berbahaya ini banyak mengandung silikat dan sangat berpotensi tinggi yang dapat digunakan sebagai limbah pengganti semen.

Pada Rabu tanggal 01 Mei 2024 yang lalu, Pabrik Kelapa Sawit PT. Pelita Agung Agrindustri (PT PAA) yang berada di jalan Duri – Dumai Simpang Bangko Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis – Riau, juga telah di ingatkan oleh sejumlah aktivis lingkungan hidup, namun terkesan pihak PKS PAA Duri ini abai terhadap perusakan pencemaran lingkungan.

Racun Udara (Toxics) yang diketahui menyebabkan atau diduga menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Emisi Udara dari boiler meliputi Senyawa penghasil kabut asap, nitrogen oksida, senyawa organik yang mudah menguap, dengan adanya sinar matahari, bahan-bahan ini bergabung menghasilkan ozon di permukaan tanah, yang dapat memperburuk asma menyebabkan Kerusakan Paru-paru.

Partikel halus dapat menempel di paru-paru dan menyebabkan kesulitan pernapasan, mengiritasi mata dan

merusak kehidupan tanaman, karbon monoksida bergabung dengan hemoglobin dan mencegah transportasi oksigen.

Bahayanya abu boiler dugaan pebcemaran udara emisi gas buang industri unsur kimia CO.NO.SO.SPM suspended particulate matter O dan CO2-CO dan HC dari pabrik kelapa sawit, sulfur dioksida, komponen hujan asam, pihak perusahaan pabrik kelapa sawit mestinya harus memahami hal ini.

Dihubungi DLHK Provinsi Riau melalui Kabid Alwamen namun tidak ada tanggapan apapun, dicoba kembali hubungi DLH Kabupaten Bengkalis melalui Kabid pengawasan Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup
Zulkifli juga hal mengalami hal yang sama, masih tetap dicoba hubungi Kabid limbah Mira menyampaikan, Waalaikumsalam,, baik pak nanti saya laporkan pimpinan dulu pak,”singkatnya

Dikonfirmasi Humas PT. PAA PHG pusat Asep tidak meresponnya, dicoba kembali hubungi humas unit PKS PT. PAA Duri pada Kamis 27 Juni 2024 Bram Billboy Sihite MT mengatakan, Selamat sore Pak.
Sudah kami ingatkan kembali kebagian boiler agar lebih dikontrol. Terimakasih sudah menginformasikan Pak,”tutupnya.( LAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *