Labuhan Batu : Kamis 27 Juni 2024. LENSARIAUNEWS COM./Gawat… Oknum pejabat publik ( Kepala desa ) tidak bersedia di konfirmasi APBDES tahun 2022 sampai 2023 yang sudah menjabat dua periode,yang telah membiarkan ruangan penyelenggaraan pos kesehatan desa ( polindes ) seperti tidak bertuan akibat jorok nya,dilihat dari isi ruangan tersebut sangat ada unsur dugaan pembiaran sehingga ditempati oleh binatang – binatang liar dan berabu seperti tak bertuan.

Dilihat dari segi laporan APBDES tahun 2022 sampai 2023 senilai Rp. 1.362.209.000 + 1.299.170.000 total keseluruhan mencapai Rp.2.661.379,000 dan dana desa tahun 2024 Rp.1.305.415.000 dan untuk penyaluran sudah sudah terealisasi senilai Rp. 627.859.800,dikelola oleh oknum kepala desa belum ada memberikan tanggapan saat dikonfirmasi oleh kru media bersama tim yang keberadaan di kantor desa bertemu dengan kepala dusun.

Sementara Dinas Kesehatan merupakan unsur pelaksana otonomi daerah, berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Dinas Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Dinas Kesehatan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah dan Tugas Pembantuan bidang Kesehatan.

Dilihat dari rincian realisasi APBDES telah di anggarkan oleh pemerintahan desa terkait penyelenggaraan Pos Kesehatan Desa (PKD)/Polindes Milik Desa (Obat-obatan ),Tambahan Insentif Bidan Desa/Perawat Desa; Penyediaan Pelayanan KB dan Alat Kontrasepsi bagi Keluarga Miskin, dst) Terselenggaranya Operasional Pos Kesehatan Desa (PKD)/Polindes Milik Desa Lainnya (Insentif Kader KPM).

Tim kru media mencoba konfirmasi bertemu dengan ibu Leli Sudarma NST. SKM.MM sebagai kepala Puskesmas Sei Berombang sebagai pejabat publik di pemerintahan kecamatan panai hilir, memberikan tanggapan pos kesehatan desa atau polindes milik desa sudah jarang di tempati pak,seluruh staf – staf saya kebanyakan kunjungan ke rumah – rumah warga kalau melakukan kegiatan cek kesehatan sebab banyak bapak lihat aja fasilitas ruangan nya,pungkasnya.

Tim kru media menghubungi oknum camat untuk konfirmasi terkait pos kesehatan pilindes milik desa,diduga kurangnya perhatian dari oknum kepala desa Sei Sanggul kecamatan panai hilir kabupaten labuhan batu provinsi Sumut, yang ruangan kurang bersih,berabu dan berantakan,izin bang saya masih rapat,pungkasnya.

Dilansir dari Media Krimsus News bersama Tim terbit nya berita ini,oknum kepala desa sudah menjabat masa dua periode tidak bisa dikonfirmasi APBDES Tahun 2022 sampai 2023 hingga 2024 diduga kebal hukum,dan spanduk APBDES diduga tidak terpajang di depan kantor agar masyarakat umum bisa melihat dan membaca rincian realisasi dana desa sebagai keterbukaan informasi publik tertuang dalam kitab undang – undang nomor 14 tahun 2008.

( RS / Tim ). Ok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *