LENSARIAUNEWS COM./Model pembelajaran abad ke-21 membutuhkan peran aktif dari semua stakeholder Pendidikan, seperti kepala Sekolah, guru, orang tua dan peserta didik. Guru perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan model pembelajaran abad ke-21.

Seperti penguasaan teknologi dan kemampuan dalam mendesain pembelajaran yg kreatif dan inovatif. Kepala sekolah perlu memberikan dukungan dan fasilitas yg diperlukan untuk memfasilitasi implementasi strategi pembelajaran abad ke-21
Dalam hal ini, proses pembelajaran sangatlah menentukan hendak kemana peserta didik itu akan dibawa. Sama-sama untuk kita renungkan.

Apakah saya seorang guru, atau seorang calon guru, atau saya adalah seorang kepala sekolah yang sehari-hari bertanggung jawab atas kualitas pendidikan di satuan pendidikan. Jika ia pernahkah kita bertanya
Mengapa beberapa kelas terlihat sangat enerjik dimana setiap peserta didik di kelas tersebut begitu aktif menjawab pertanyaan yang guru berikan,
Sedangkan beberapa kelas lainnya para peserta didik kelihatan kurang aktif dan al hasil tidak dapat menjawab pertanyaan yang di berikan.

Atau kenapa ya, Ada peserta didik di kelas kita begitu cepat memahami pelajaran dan Ada peserta didik yang lebih banyak membutuhkan usaha dan waktu untuk memahami materi yang sama, hal ini terjadi karena perkembangan kemampuan kognitif tiap-tiap. peserta didik berbeda-beda, sehingga mereka membutuhkan waktu dan proses yang berbeda pula dalam belajar. Apa yg harus saya lakukan sebagai seorang guru atau Kepala Sekolah yaitu Mensetting strategi pembelajaran.

Bayangkan bila kita hanya mempunyai satu strategi pembelajaran, kelas yang semrawut dan kelas yang pasif semua mendapat perlakuan sama, tentu pembelajaran tidak menjadi efektif. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat berdampak pada tingkat prestasi belajar peserta didik.

Dengan demikian, Sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi, Kita para guru dituntut untuk dapat menampilkan keahliannya di depan kelas. Salah satu keahlian tersebut, yaitu kemampuan menyampaikan pelajaran kepada peserta didik dengan efektif dan efesien.

Guru perlu mengenal berbagai jenis metode pembelajaran sehingga dapat memilih manakah yang paling tepat untuk di sampaikan kepada peserta didik, dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran.

R. Dmk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *