Oplus_131072

 

Dumai, -LENSARIAUNEWS COM./Sabtu 1/6/2024, H. Ir .Presiden Jokowi Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia,memimpin langsung Upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila, di Lapangan Garuda PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Kota Dumai.

Dalam upacara Harlah Pancasila ini berlangsung baik ,akan dan konduktif dengan menggunakan pakaian Adat Melayu Riau.

Dalam Pidatonya, Presiden Republik Indonesia menyampaikan berpesan agar semua pihak memperkokoh dan menjaga bangsa kita dan menjalin kerja sama membangun dan meningkatkan ekonomi nasional. Dalam hal ini tentunya dengan panduan Pancasila,yang menjadikan Indonesia tetap kokoh,kuat makmur dan mandiri, berdikari membangun ekonominya.

“Juga termasuk dengan melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi diberbagai sektor yang ada di dalam Bangsa Indonesia .Maka kita harus menjamin,menjaga ,bahkan memelihara kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia . Dan juga harus aktif mengambil kembali aset-aset strategis bangsa,untuk kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya,

“Salah satunya seperti Blok Rokan di Riau ini, tempat yang dipakai untuk lokasi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini,” tambah Jokowi.

Presiden Jokowi Widodo juga menuturkan, sesudah saham mayoritas Freeport diambil alih, Indonesia juga kemudian berhasil mengambil alih Blok Rokan.

“Dan yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia. Saya mendapat laporan tadi pagi dari Pertamina, bahwa produksi di blok Rokan meningkat dan sudah mencapai 162.000 barel per hari ini. Hal ini sudah lebih tinggi dari saat dikelolah sebelumnya oleh Chevron dan ini merupakan 25% dari seluruh produksi nasional Indonesia,” katanya.

“Pancasila adalah merupakan kebersamaan kita, gotong-royong, dan kesatuan persatuan kita. Dengan ketiganya, keadilan dan kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan, bersama dalam mewujudkan bangsa kita Adil dan makmur Sejahtera,”ungkapnya.

Hadir pada acara, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Republik Indonesia Jenderal TNI Agus Subiyanto, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Kepala BIN Budi Gunawan, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Lalu, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Dan sementara dari Provinsi Riau, juga terlihat hadir Pj. Gubernur Riau Ir. S.F Hariyanto, Forkopimda di lingkungan Provinsi Riau, sejumlah Anggota DPRD di Provinsi Riau, para Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, sejumlah Tokoh Masyarakat di Provinsi Riau Rusli Zainal, Syamsuar, Arsyadjuliandi Rachman, Wan Abu Bakar, serta sejumlah Pejabat di Provinsi Riau.
Dan upacara hari lahir (Halah ) Pancasila berjalan baik,aman damai tenteram didukung dengan cuaca yang bersahabat.( Las)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *