LENSARIAUNEWS.COM/Rohil – Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong secara resmi melepas jamaah calon haji (JCH) yang masuk Kelompok Terbang (Kloter) 14 Embarkasi Batam, bertempat di Aula Arafah Asrama Haji Kota Batam, Minggu (26/5/2024) dini hari.

JCH yang masuk kloter 14 ini berjumlah 393 orang, yang semuanya berasal dari berbagai Kabupaten dan Kota yang berada Provinsi Riau. Dengan rincian Kabupaten Rokan HIlir sebanyak 282 Orang, Kota Pekanbaru sebanyak 81 orang, Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 21 orang, Kabupaten Bengkalis sebanyak 2 orang dan Pelalawan sebanyak 2 orang.

Jamaah calon haji ini akan terbang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam sekitar pukul 07.20 WIB, menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines menuju Madinah.

Untuk musim haji tahun 1445 H/2024 M, Embarkasi Batam akan melayani 12.298 jemaah yang dibagi menjadi 28 kloter. Diantaranya Kepulauan Riau ada 1.334 orang, Riau 5.273 orang, Kalimantan Barat 2.611 dan Jambi 3.071 orang.

Selain Embarkasi Batam, Kloter pertama yang akan terbang ke Arab Saudi berasal dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Solo, Surabaya, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang.

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong menyampaikan bahwa sejak kemarin, dirinya bersama seluruh jajaran Pemkab melaksanakan serangkaian kegiatan melepas CJH hingga kini kita sama sama tiba di sini pada pukul 03.00 subuh. Meskipun lelah, kebersamaan ini sangat berarti bagi seluruh jemaah semua, memberikan semangat baru untuk melanjutkan perjalanan ibadah ke tanah suci.

” Walaupun jemaah tidak dapat tidur dengan cukup, gunakanlah kesempatan untuk istirahat di dalam pesawat. Kondisi ini sangat membantu untuk mempersiapkan fisik yang prima dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji,” kata Bupati kepada seluruh calon Jemaah haji yang memadati aula arafah.

Dikatakan Bupati, dirinya sangat bersyukur melihat jemaah dalam kondisi sehat dan siap melaksanakan ibadah. Kami juga sudah menyiapkan tenaga kesehatan yang siap memberikan bantuan jika ada jemaah yang membutuhkan obat atau pertolongan medis selama perjalanan dan di tanah suci.

Dia menyebutkan, Kloter 14 yang berjumlah 393 orang berangkat dari embarkasi Batam, dan esok hari akan ada lagi yang datang dari Jambi. Karena ada 1 orang CJH yang sakit, dan jika ada kesempatan kloter selanjutnya bisa ditumpangkan keberangkatan nantinya.

Dirinya menyadari betapa melelahkan perjalanan jauh dari berbagai daerah seperti Rohil, Dumai, Pekanbaru, dan Inhil. Namun, harapannya semua perjalanan berikutnya berjalan lancar tanpa hambatan.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, saya mengucapkan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kota Batam yang telah melayani jemaah kami dengan baik di Asrama Haji Kota Batam.

“Semoga seluruh jemaah haji dari Provinsi Riau dapat melaksanakan rukun haji dengan sempurna dan kembali ke tanah air dengan predikat haji yang mabrur,” harapnya.

Turut hadir bersama Bupati, Wakil Bupati Rokan Hilir, Kakanwil I Provinsi Riau, Asistem Pemerintahan dan Kesra, Provinsi Riau, Asisten I Sekdakab Rohil, ketua PPIH Embarkasi Batam, Sekda Rohil, Kemenag Rohil, Pekanbaru, Pelalawan, Inhil dan organisasi keagamaan.

(Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *