LENSARIAUNEWS.COM / Siak – Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan terenyuh melihat kondisi masyarakat yang terdampak banjir di Kampung Bandar Sungai, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Jumat (12/01/2024).

Persoalan banjir ini bukan pertama kali dinikmati masyarakat Kampung Bandar Sungai. Dimana, setiap memasuki musim penghujan, permukiman dan perkebunan warga terendam banjir.

Bagi Indra Gunawan menyelesaikan persoalan banjir ini dibutuh penanganan serius. Oleh karena itu, pria yang ramah ini turun ke kampung-kampung guna melihat langsung kondisi masyarakat yang terdampak banjir.

Saat turun ke Kampung Bandar Sungai, Indra Gunawan berdiskusi dengan Penghulu Kampung Bandar Sungai, Putra Fajar, perangkat dan masyarakat mengenai masalah banjir.

Indra berharap, mengenai banjir ini dirinya mendapatkan informasi yang utuh agar menemukan solusi yang tepat sasaran dan masyarakat tidak lagi khawatir ketika memasuki musim penghujan.

“Hujan ini memang faktor alam, tapi ini harus kita selesaikan, kita cari penyebab nya, bagaimana genangan air tidak sampai berhari-hari lagi, kasian masyarakat kita,” ucapnya.

Berasal dari anak desa, Indra Gunawan yang kerap disapa dengan Ngah Ige sangat paham dengan kondisi masyarakat yang terdampak banjir terutama para petani. Menurutnya banjir sangat berpengaruh besar pada hasil panen masyarakat.

“Masalah ini tidak akan selesai, kalau kita tidak tangani, untuk itu saya hadir disini ingin mengetahui langsung apa penyebab banjir ini,” katanya.

Ngah Ige menegaskan, jika banjir disebabkan adanya pendangkalan kanal diarea operasi perusahaan-perusahaan, maka perusahaan harus bertanggung jawab untuk membersihkannya.

“Nanti pak penghulu sampaikan informasi ke kami, nanti kami fasilitas berdiskusi bersama pihak perusahaan dan pemerintah, agar banjir ini selesai,” tegasnya.

Indra pun berpesan kepada masyarakat untuk selalu mengawasi anak-anak kecil agar tidak bermain ditepian kanal, sebab katanya, selama musim banjir sudah dua orang anak kecil meninggal dunia terjatuh ke dalam kanal.

“Saat ini kondisi air kanal sangat dalam, untuk itu saya menghimbau bapak dan ibuk agar selalu mengawasi anak-anak,” pesannya.

Sementara itu, Penghulu Kampung Bandar Sungai, Putra Fajar mengucapkan terima kepada Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan yang telah turun meninjau langsung kondisi masyarakat yang terdampak banjir.

“Tadi kami sudah berdiskusi bersama Pak Indra Gunawan, mudah-mudahan banjir dikampung kami ini dapat diatasi,” ucapnya.

Putra Fajar menyampaikan, selama musim penghujan setidaknya ada 33 rumah di dua dusun Kampung Bandar Sungai yang terdampak banjir. Disambungnya, selama banjir pihaknya bersama masyarakat bergotong royong mendirikan dapur umum.

“Jadi kami menyiapkan makanan untuk masyarakat kita yang terdampak banjir, dapur umum ini sudah enam hari, nanti apabila situasi sudah stabil maka kita akan tutup,” jelasnya.

Usai berdiskusi, Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan bersama Ketua Karang Taruna Provinsi Riau M Andri memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir.

(Bery – Fiet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *