LENSARIAUNEWS.COM / SIAK – Event Tour de Siak (TDSi) tahun 2023 sudah berakhir. Ajang tahunan Pemerintah Kabupaten Siak berjalan lancar, sukses dan aman.

Keberhasilan tersebut ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak. Event tahunan balap sepeda ini bahkan telah tercatat masuk kalender Union Cycliste Internationale (UCI) di antaranya tahun 2016,2017, 2018 dan 2019.

Event pertama dari Tour de Siak ini diselenggarakan pada tahun 2013 lalu. Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen untuk menjadikan Tour de Siak sebagai langkah awal untuk pengembangan pariwisata di Provinsi Riau khususnya Kabupaten Siak. Ternyata usaha tersebut berhasil dan respon positif dari berbagai pihak yang dibuktikan dengan terus bertambahnya team pebalap yang mengambil bagian.

Sekretaris Daerah (Sekda) Siak Arfan Usman di sela- sela penutupan Tour de Siak 2023  mengatakan  pelaksanaan event sepeda ini, pemerintah daerah awalnya merasa cemas melihat kondisi cuaca musim hujan yang bisa saja mempengaruhi  pebalap pada setiap lintasan.

” Tour de Siak tahun 2023  selesai dan berjalan sukses. Kami mengucapkan selamat dan pelaksanaan ini dapat memberikan cerita kepada pengurus ISSI pusat dan pengurus ISSI yang ada di Provinsi Riau,” ujar Sekda Arfan.

Pada kesempatan tersebut Arfan memberikan apresiasi Sondi Sampurno selaku race director tour De Siak dan kawan-kawan yang sangat berperan terhadap suksesnya event ini, dengan telah memberikan suatu catatan positif bagi kemajuan ISSI khususnya di kabupaten Siak. Dengan keberhasilan ini, kedepannya PS ISSI terus mengeluarkan rekomendasi event balap sepeda.

Sebelumnya Bupati Siak Alfedri menyampaikan event balap sepeda ini  mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah.

TDSi merupakan ajang mempromosikan Kabupaten Siak Provinsi Riau hingga ke mancanegara.

” Balap sepeda internasional ini merupakan agenda tahunan kita. Tour de Siak masuk ke kalender pariwisata nasional. Prinsipnya mengenalkan pariwisata daerah ke mancanegara melalui sport tourism,” katanya.

(Fiet / Bery).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *