LENSARIAUNEWS.COM / PEKANBARU – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) kelas A Pekanbaru telah mengadakan kegiatan SAR Community 2023, Kamis (9/10/2023). Sekretaris Utama Basarnas Dr. Abdul Haris Achadi, SH, DESS membuka sekaligus memaparkan terkait kepemimpinan kolaboratif. Di kebencanaan itu ada istilah Pentahelix koloborasi antara berbagai pihak dari Pemerintah, Masyarakat, Akademisi, Pelaku Usaha dan Media.
Dalam melaksanakan operasi SAR Basarnas tidak bisa sendiri, makanya Basarnas harus berkolaborasi dengan beberapa pihak.

Lebih lanjut disampaikan SAR Community ini merupakan kegiatan yang penting dimana Media bisa lebih berkiprah sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Sesuai dengan temanya Quick action satu jiwa satu rasa, hal tersebut dapat diperoleh saat semua bisa berkolaborasi termasuk dengan Media, yang mana Media merupakan komponen penting dalam rangka melakukan pencarian dan pertolongan.

Sementara itu dalam memberikan materinya, Sestama menuturkan pemimpin adalah ia yang mampu melihat ke atas untuk mewujudkan mimpi, melihat ke samping untuk berinovasi, melihat ke bawah untuk menerima, dan melihat ke dalam untuk bermuhasabah. Ditambahkannya bahwa apa yang dilakukan seorang pemimpin akan diikuti anak buahnya sehingga harus konsisten dalam segala hal.

Selain kepemimpinan, seluruh awak media juga mendapatkan materi bantuan dasar hidup yang disampaikan oleh instruktur Kantor SAR Pekanbaru.
Terkait bagaimana jika terjadi sesuatu, Paling tidak ada hal yang mendasar yang bisa lakukan juga, paling tidak untuk keluarga dan sebagainya. Nah inilah yang yang perlu kita bangun bersama-sama.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru Budi Cahyadi, SSos MM menyampaikan “kami sangat bersemangat untuk  Program pembinaan SAR Community juga akan fokus pada pendidikan masyarakat mengenai keselamatan dan langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi darurat.

“KPP berharap ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kerjasama dalam situasi krisis.” Terang Budi.

“Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan program ini. Kami yakin bahwa dengan memperkuat komunitas SAR bersama Wartawan, kami dapat merespons kejadian darurat dengan lebih efektif dan menyelamatkan lebih banyak nyawa,” kata Budi.

Pembinaan SAR Community tahun 2023 di kantor pencarian dan pertolongan bersama Wartawan menjanjikan peningkatan dalam upaya penyelamatan.

Dengan meningkatnya keterampilan dan koordinasi tim SAR, diharapkan masyarakat setempat akan lebih aman dalam menghadapi situasi darurat. Program ini adalah langkah yang positif menuju keselamatan yang lebih baik bagi semua. (Fiet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *