LENSARIAUNEWS.COM |PEKANBARU – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zaman Candra meninjau proses rekonstruksi rumah warga korban longsor di Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya. Rumah warga ini dibangun dari anggaran Pemprov Riau.

“Kemarin, saya meninjau pembangunan rumah layak huni pada warga yang terdampak longsor. Rumah warga ini hancur akibat longsor pada 21 Desember 2022,” kata Kalaksa BPBD Zarman Candra, Jumat (3/11).

Rumah warga ini dibangun ulang dengan anggaran Pemprov Riau. Dua dinas menggelontorkan dana rekonstruksi rumah warga ini adalah Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau serta BPBD Riau.

Rumah warga hancur diterjang longsor di RT 03 RW 08, Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, Rabu (21/12/2022) malam. Tiga orang penghuni rumah terseret arus deras akibat longsor tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra, Kamis (22/12/2022), mengatakan, tim BPBD sudah turun ke lokasi longsor di Bencah Lesung. Satu rumah warga hancur diterjang longsor.

“Dari informasi di lokasi, ada semacam kolam penampungan air di sana. Diduga karena tak sanggup lagi menampung, makanya air itu melimpah bersama lumpur-lumpur dan menyebabkan satu rumah hancur,” ujarnya.

Akibat longsor ini, tiga penghuni rumah luka ringan. Padahal, tiga orang ini sempat terbawa arus deras dari longsor tersebut.

“Beruntung, mereka masih selamat karena ada rumah orang lain. Rumah itu yang menghalangi sehingga tidak hanyut lebih jauh,” ungkap Zarman.

Di rumah yang hancur berisi sembilan orang. Hanya tiga orang yang menjadi korban. “Ketiga korban ini sudah mendapat tindakan dan penanganan tim Dinas Kesehatan,” sebut Zarman.

Empat rumah lainnya juga terdampak longsor tapi tidak hancur. Empat rumah itu hanya kemasukan material longsor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *