LENSARIAUNEWS.COM |PEKANBARU – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan didapuk menjadi narasumber Talk Show dalam acara REI Property Festival 2023.

Talk Show tema Kemudahan dan Kemurahan Layanan Pajak bersama Smart Tax Pekanbaru yang digelar Persatuan Perusahan Real Estate Indonesia DPD REI Riau di Atrium Kampar, Mal SKA, Kamis (2/11).

Dalam dialog itu, Bapenda memiliki aplikasi Smart Tax Pekanbaru. Aplikasi ini adalah pelayanan pajak berbasis android dan app store yang melayani pajak daerah.

Pada prinsipnya, aplikasi ini memfasilitasi pendaftaran dan pelaporan pajak daerah secara daring. Sehingga, wajib pajak atau masyarakat tidak perlu datang lagi ke kantor Bapenda.

“Dengan kemudahan ini diharapkan meningkatkan animo masyarakat dalam mendaftarkan objek pajak daerahnya. Sehingga, tercipta optimalisasi penerimaan pajak daerah,” ungkap Alek.

Dengan digitalisasi perpajakan daerah, setidaknya tergambar realisasi kinerja pajak daerah menunjukkan pertumbuhan positif dari tahun ke tahun. Dengan pulihnya ekonomi usai Covid-19, dukungan aplikasi Smart Tax memberikan kontribusi nyata untuk pertumbuhan PAD.

“Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui layanan daring ini. Makanya, saya mengajak tim Bapenda senantiasa aktif mensosialisasikan, memberikan edukasi, dan informasi tentang aplikasi Smart Tax kepada masyarakat,” ungkap Alek.

Perintah ini telah dijalankan timnya, baik secara daring melalui medsos Bapenda di Facebook, Instagram, Tik Tok, portal website, dan YouTube. Bapenda juga melakukan pendekatan edukasi Talk Show atau edukasi langsung dalam giat Layanan Pajak Daerah Keliling Lapak Darling).

Bahkan, Alek mengajak tamu yang hadir untuk dapat mampir ke stan (tenan) Lapak Darling Bapenda yang juga berkontribusi pada kegiatan REI Property Festival 2023. Lapak Darling kali ini melayani pembayaran PBB, pendaftaran PBB baru, konsultasi BPHTB, dan pajak daerah lainnya.

“Bagi masyarakat yang berkunjung ke Mal SKA, mari mampir ke Lapak Darling kami. Posisinya di pintu masuk dekat Starbuck Coffee,” jelas Alek.

REI Property Festival 2023 adalah kegiatan yang digelar DPD REI Riau. Acara ini berlangsung pada 1-5 November 2023.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *