LENSARIAUNEWS.COM / Perawang – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melaksanakan sosialisasi kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di Hotel Highland Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Senin 30 Oktober 2023.

Teguh Santoso, analis kebijakan Ahli Madya , mengatakan sosialisasi semacam ini rutin diselenggarakan setiap tahun.

“Hari ini DMPTSP gelar sosialisasi kemudahan berusaha yang kami lakukan setiap tahun pertemuannya, ini adalah peraturan Kementerian Investasi tentang cara-cara kita berusaha di Indonesia khususnya di Siak,” artinya ada kemudahan untuk pengurusan izin usaha, katanya.

Dan dalam penyampaiannya para peserta yang hadir ini adalah dari pelaku-pelaku usaha yang ada di kabupaten Siak. Sosialisasi ini diadakan agar pelaku usaha mengerti untuk pengurusan izin-izin usaha.

“Perizinan itu dilakukan secara mandiri yang pendaftaran pengisian lewat OSS secara online, sehingga kalau pelaku usaha kita mengerti akses OSS untuk mengisi formulir perizinannya itu, kami berharap bisa di lakukan secara mandiri oleh para pelaku usaha, dan pada akhirnya semua pelaku usaha yang ada di Siak memiliki surat-surat izin yang lengkap dan Legalitas usaha berbadan hukum,” ujarnya.

Ketika surat izin usaha lengkap tentu akan mempermudah para pelaku usaha mengembangkan bisnisnya atau usahanya, seperti, melakukan kontrak kerjasama, ekspansi usaha yang lebih besar atau pun melakukan ekspor atau impor, hal ini yang mempermudah dan bisa juga mendapat permodalan.

“Salah satu syarat ketentuan untuk peminjaman KUR adalah memiliki Nomor induk Berusaha (NIB),” pungkasnya. (Fiet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *