LENSARIAUNEWS.COM/Rohil–Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong menghadiri pengukuhan pengurus Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kabupaten Rokan Hilir Periode 2023-2028, Rabu (27/9/2023) di gedung Misran Rais Bagansiapiapi.

Dalam Kepengurusan tersebut, dr Maharani MM dikukuhkan sebagai Ketua Komnas PA Kabupaten Rohil. Kepengurusan Komnas PA Rohil itu dikukuhkan langsung oleh Ketua Komnas PA Provinsi Riau Benny F Gunawan SH.

Benny F Gunawan dalam sambutannya mengucapkan selamat dan tahniah atas dikukuhkannya pengurus Komnas PA Rohil ini. Dia berharap, Komnas PA Rohil dapat menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah daerah (Pemda) Rohil dan seluruh instansi terkait agar dapat melaksanakan tugas nya dengan baik.

“Setelah kegiatan ini, saya berharap Komnas PA Rohil agar bisa mendaftarkannya di Kesbangpol. Dengan begitu organisasi kita ini dapat bekerja sesuai dengan tupoksinya,” ujarnya.

Diungkapkan Benny, kasus kekerasan terhadap anak tidak hanya terjadi di Riau, melainkan terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, diharapkan Komnas PA Rohil dapat membantu Pemda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Komnas perlindungan anak Riau pada kesempatan ini mengucapkan selamat kepada Pemkab Rohil atas keberhasilan nya menjadi kota layak anak tingkat pertama di Riau tahun 2022-2023. Saya berharap ini dapat dipertahankan dan kinerja Komnas PA Rohil dapat lebih ditingkatkan,” paparnya.

Sementara itu, dr Maharani MM dalam sambutannya juga berharap pengurusan yang baru dilantik ini bisa memantau dan bekerja dengan baik sehingga tingkat kekerasan terhadap anak-anak tidak terjadi lagi di Kabupaten Rokan Hilir.

Kedepannya dia berharap Komnas PA Kabupaten Rohil juga dapat bersinergi dengan berbagai unsur untuk melakukan pendidikan kepada orang tua dan guru-guru di sekolah agar tidak terjadi kasus kekerasan kepada anak.

“Disamping itu kami juga berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah dan instansi terkait agar kami (Komnas PA) bisa berkolaborasi dan bersinergi untuk menjalankan tugas kami nantinya,” harapnya.

Bupati Afrizal Sintong pada kesempatan itu mengatakan, atas terbentuknya pengukuhan Pengurus Komnas PA Rohil ini, Pemkab Rohil mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus baru ini. Diharapkan Bupati seluruh pengurus bisa bekerja membantu kasus kasus anak yang terjadi di Rohil.

“Banyak kita dengar terjadi kekerasan pada anak, seperti kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur. Inilah tugas dari pengurus Komnas PA Rohil untuk dapat melakukan sosialisasi kepada orang terdekat anak termasuk orang tua dan lingkungan,” jelasnya.

Dikatakan Bupati, anak-anak adalah penerus generasi bangsa. Oleh sebab itu, perlunya dilakukan sosialisasi dan pengawasan sejak dini agar anak-anak terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran Komnas PA Rohil ini, anak-anak kita bisa kita jaga dengan baik serta setiap pengurus Komnas PA ini dapat bekerja dengan baik,” tandasnya.

(Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *