.Bengkalis , LENSARIAUNEWS COM./ Senin 11 September 2023 team Gabungan Sat Reskrim Polres Bengkalis bersama Unit Resktim Polsek Bukit Batu kira- kira pukul 17.30 WIB berhasil meringkus dan mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang ( TPPO).Dalam hal ini
Sebanyak 30 orang pekerja imigran illegal (PMI) akan berangkat ke Malaysia melalu jalur yang salah ( ilegal )ada juga 1 orang sebagai pengurus pekerja imigran ilegal (PMI)itu juga berhasil diamankan tepatnya di hutan pinggiran laut Desa Sepahat Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau .Diketahui bahwa dari 30 orang tersebut terdiri dari WNI dan WNA ( Banglades).
Dalam program calon PMI( ilegal) ini seorang tersangka berinisial SY (37)yang berdomisili Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis juga turut serta diamankan..

Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro Kapolres Bengkalis melalui Kasat Reskrim AKP Firman Fadilah didampingi oleh Kapolsek Bukit Batu AKP Rifendi S.Sos dalam rilisnya menyampaikan kronologisnya yang lengkap.
Hal ini berawal menerima laporan informasi dari masyarakat dan juga melakukan penyelidikan dalam waktu selama 3 hari bahwasanya ada juga beberapa orang warga Indonesia dan beberapa orang warga negara asing yang merupakan pekerja imigran illegal (PMI) dan akan berangkat juga ke Malaysia melalui jalur illegal tersebut

Dengan perintah Kasat Reskrim AKP Firman Fadila,, SIK,M.M. melalui Kanit Pidum IPDA Fakhrudi Amar Memerintahkan dengan segera kepada Sat Seskrim Polres Bengkalis dan Unit Reskrim Polsek Bukit Batu agar segera untuk melakukan pengungkapan perkara yang tersebut.

Begitu juga selanjutnya disampaikan Kasat Reskrim Team gabungan Sat Reskrim Polres Bengkalis melakukan penyelidikan terkait laporan informasi yang dimaksud tersebut, dan melakukan penyelidikan dengan segera .

Oleh karena itu , Senin tanggal 11 -9-2023,sekira pukul 17.30 WIB Team Sat Reskrim Polres Bengkalis melakukan penggerebekan dengan cekatan ke tempat imigran illegal tersebut berada, yaitu di hutan pinggiran laut yang berlokasi di desa sepahat Kecamatan Bandar laksamana Kabupaten. Bengkalis Provinsi. Riau,

” Maka team Sat Reskrim Polres Bengkalis berhasil mengamankan sejumlah 30 orang pekerja imigran illegal (PMI) lagi sedang menunggu jemputan untuk berangkat ke Malaysia,yaitu terdiri dari 25 orang warga negara Indonesia dan juga 5 orang warga negara asing.,”, terang ucap Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Firman.

Bahkan dilakukan introgasi kepada para pekerja imigran ilegal tersebut dan mereka juga mengakui bahwa akan berangkat ke Malaysia dengan cara tidak resmi (illegal) .Maka dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh team Sat Reskrim Polres Bengkalis, team mengetahui pengurus 26 PMI tersebut yaitu sepasang suami istri yang bernama SP (48 Tahun) dan istrinya sdri SY (38 Tahun) .

” Dan kemudian Team Sat Reskrim Polres Bengkalis melakukan juga penggerebekan ke rumah suami istri tersebut, akan tetapi SP berhasil melarikan diri masuk ke dalam hutan, dan juga sekira pukul 19.00 WIB ,dan pun SY berhasil di amankan. Guna untuk proses penyidikan lebih lanjut 30 orang PMI dan tersangka sudah dibawa ke . Polres Bengkalis dan kemudian Team Opsnal tetap akan melakukan pengejaran terhadap sdr SP dan sdr H tersebut.
Dalam pasal yang diterapkan Tindak Pidana perdagangan orang Sebagaimana di maksud dengan pasal 2, 4 , 10 dan 11 UU RI No 21 Tahun 2007 tentang tindak pidana perdangan orang Jo Pasa 81 Jo pasal 83 UU Ri No.17 Tahun 2018 tentang perlindungan pekerja Migran Indonesia Jo pasal 120 UU RI No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.,”, Ungkap AKP Firman Fadhila SIK, MM ( L.sinaga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *