LENSARIAUNEWS.COM |PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memberi target kontingen Tiau untuk bisa masuk 10 besar dalam perolehan medali di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023.

Target tersebut diberikan saat Gubri secara resmi mengukuhkan dan melepas kontingen Riau, Jumat pagi (25/8/2023) di Balai Sirindit di rumah dinas gubernur.

Popnas XVI/2023 sendiri akan digelar di Palembang, Sumsel. Kontingen Riau bertolak ke Palembang secara bergelombang.

Pada Jumat (25/82023) sudah ada kontingen Riau yang bertolak ke Palembang.

Hadir dalam acara tersebut kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Boby Rachmat serta pejabat Dispora lainnya. Para atlet dan pelatih juga ikut serta.

Dalam arahannya, Gubri Syamsuar meminta agar para atlet berjuang keras di Popnas nanti.

Sehingga bisa mengharumkan nama Riau. Dengan berjuang keras, atlet Riau bisa meraih medali.

Prestasi Riau pun bisa lebih baik dari Popnas sebelumnya.

Gubri pun memberi target pada kontingen Riau di Popnas kali ini.

Yakni harus bisa masuk 10 besar dalam perolehan medali. Popnas lalu, Riau terlempar dari 10 besar yakni diperingkat ke-15 dengan raihan 3 emas, 8 perak dan 8 perunggu.

“Popnas sebelumnya ranking 15 kan. Saya harapkan mudah-mudahan anak-anak kerja keras. Bisa dapat prestasi masuk 10 besar. Meningkat lagi dari sebelumnya,” pinta Gubri.

Gubernur Riau juga memberi gambaran prestasi paralimpian asal Riau bisa juara tingkat dunia, Asia dan nasional. Ini harus jadi contoh dan semangat atlet pelajar Riau.

“Pertama yang mau saya katakan, atlet kita dari kaum disabilitas saja bisa juara, juara dunia, Asia dan nasional. Harapan saya dengan semangat olahraga, bisa berprestasi dengan baik,” ucapnya.

Apalagi, katanya, di level senior prestasi atlet Riau masuk 10 besar nasional. Juara 1 di level Sumatera dua kali berturut-turut.

Prestasi level senior ini, katanya, harus diikuti junior. Sebab, hasil Popnas akan menjadi gambaran prestasi senior kedepannya.

Selain itu, ia juga meminta terkhusus ke atlet agar bisa bertanding dengan menjunjung sportivitas. Sehingga atlet tetap menjaga nilai-nilai fairplay.

“Jaga sportivitas. Jangan sampai ditempat orang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pintanya.

Kadispora Riau, H Boby Rachmat SSTP MSi AIFO-P mengatakan ajang Popnas ini menjadi ajang untuk mengukur sejauh mana prestasi yang dicapai dari hasil pembinaan olahraga khusus yang dijalankan pelajar selama ini.

Ia pun berharap atlet bisa mengharumkan nama Riau ditingkat nasional dan internasional.

“Semoga bisa mengarumkan nama Riau,” harapnya.

Dalam Popnas ini, Riau mengirimkan 183 atlet dan 43 pelatih. Riau sendiri mengikuti 20 cabor dari 22 yang dipertandingkan.

Cabor yang diikuti atlet Riau yakni angkat besi, atletik, bola basket, bola voli indoor, bulutangkis, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, tinju.

Kempo, panjat tebing, senam, wushu, menembak dan balap sepeda. Dua canor yang absen yakni tenis lapangan dan sepak bola.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *