LENSARIAUNEWS.COM |Pekanbaru – Memberikan apresiasi kepada para insan radio dan televisi, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau kembali menggelar KPID Riau Award 2023. Kegiatan ini merupakan agenda terbesar KPID Riau dengan tema “Penyiaran Sehat Bermartabat Untuk Riau Bersatu”.

KPID Riau akan memberikan penghargaan kepada lembaga penyiaran radio dan televisi kategori berita, talkshow, hiburan, budaya melayu, siaran dakwah dan siaran ramah anak yang di nilai oleh dewan juri dari berbagai kalangan mulai dari akademi, praktisi penyiaran, budayawan, pemerintah dan ulama yang telah kompeten di bidangnya.

“Kegiatan KPID Riau Award ini sendiri bertujuan memberikan anugerah, penghargaan, dan apresiasi penyiaran yang positif, kreatif, dan konstruktif kepada penyelenggara lembaga penyiaran radio dan televisi,” ujar Ketua KPID Riau, H Falzan Surahman S.Si, M.Ikom Jum’at (18/08/2023).

Selain itu Falzan menjelaskan bahwa KPID Award ini, menjadi penghargaan kepada Lembaga Penyiaran yang ada di Riau atas karya terbaik yang telah disiarkan.

“Pertama, kami melaksanakan tugas dan fungsi kami sebagai pengawasan, kemudian yang kedua kami memberikan penghargaan kepada lembaga penyiaran yang sudah membuat program yang bagus dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

H Achmad Syafruddin M.Ag salah satu dewan juri kategori lembaga penyiaran radio menyampaikan dalam penilaiannya terhadap salah satu peserta radio telah memenuhi unsur penilaian seperti bahasa melayu dalam sebuah dialog interaktif antara pembawa acara dengan narasumber sama-sama menggunakan bahasa melayu sehingga ini sangat kelihatan pembumian kelestarian bahasa melayu sangat diterapkan dengan baik.

” Dalam penilaian karya dari lembaga penyiaran radio muatan lokal bahasa melayu dalam sebuah dialog interaktif itu sudah memenuhi unsur untuk kami nilai, sehingga pembumian kelestarian bahasa melayu di negeri lancang kuning riau ini telah di terapkan secara baik, ” jelasnya.

Ketua Panitia Pelaksana KPID Award Bambang Suwarno menyampaikan terima kasih kepada seluruh lembaga penyiaran yang berpartisipasi ajang kpid riau award tahun 2023.

” Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh lembaga penyiaran baik televisi dan radio yang telah berpartisipasi pada kpid riau award, ” ucapnya

Disampaikan Bambang yang juga sebagai Koordinator bidang (Korbid) Kelembagaan KPID Riau bahwa gelaran kpid award ini rangkaian nya di mulai dari 31 Juli batas akhir penilaian karya oleh dewan juri, 1 sampai 11 Agustus pleno dewan juri dan 14 Agustus rilis para nominator.

Ditambah Bambang ada tiga indikator yang menjadi poin penilaiannya mengacu kepada P3SPS, sinematografi dan kearifan lokal.

“Untuk gelaran kali ini, dari puluhan karya terbaik dikirimkan oleh lembaga penyiaran televisi dan radio ke panitia. Ada 13 karya yang disiarkan radio dan 15 karya yang ditayangkan di televisi yang masuk dalam daftar penilai telah dinilai oleh dewan juri,” katanya.

Berikut para Nominasi KPID Riau Award 2023 dari Karya Televisi untuk Kategori Berita Nominasinya antara lain Lentera Indonesia Riau (PT Riau Chanel/NET Pekanbaru), Kabar Sumatera (Tv One Pekanbaru), Berita Riau-Kepri, Fokus Daerah (Indosiar Riau). Selanjutnya untuk Kategori Talkshow Nominasinya yaitu Riau Cemerlang (TVRI Riau), Safar Riau (Kompas TV), Jaksa Menjawab (Riau Televisi).

Selanjutnya untuk Kategori Hiburan
Nominasinya yaitu Emang Joss, Edisi Team Detak Melayu Vs Team Kampung Belacan (Riau Televisi), Lagu Melayu (TVRI Riau)
Warna Riau, Jejak Petualang Edisi Rayuan Tanah Melayu (Trans 7).

Selanjutnya untuk Kategori Budaya Melayu
Nominasinya yaitu Panorama Riau, edisi Rangkaian Adat Pernikahan Melayu Riau Sarat Pesan Moral (Antv Riau),Pesona Indonesia, edisi Zapin Api (TVRI Riau)
Pesona Riau, Senandung Syair dari Siak (Trans TV Pekanbaru).

Selanjutnya Kategori Dakwah Nominasinya yaitu Lentera Hati Islam, edisi Hikmah Disyariatkannya Sholat (TVRI Riau)
Kajian Muslimah Edisi Puasa dan Fidyah (LPPL Siak Televisi),Rindu Suara Adzan (GTV).

Selanjutnya untuk Kategori Ramah Anak
Nominasinya yaitu Dunia Anak edisi Permainan Tradisional (LPPL Siak Televisi)
Anak Indonesia, edisi Anak-anak Koto Ranah Bukit Suligi (TVRI Riau), Kisah Nabi dan Sahabat edisi SMP 23 Pekanbaru (Riau Televisi).

Kemudian untuk Karya Radio Untuk Kategori Berita Nominasinya yaitu Buletin Sore (Bharabas FM), Warta Daerah Berita Pagi (LPP RRI Pekanbaru), Program Sepekan (RRI Bengkalis). Selanjutnya untuk Kategori Talkshow Nominasinya yaitu Maraknya Gepeng dan Anak Jalanan (El John FM) Merdeka Belajar, (LPPL Radio Pemkab Siak), Urgensi Kendaraan Listrik (LPP RRI Pekanbaru).

Selanjutnya untuk Kategori Hiburan
Nominasinya yaitu Live Musik (LPP RRI Pekanbaru), Morning Show (Aditya FM)
Tangga Lagu (RRI Bengkalis), Selanjutnya untuk Kategori Budaya Melayu Nominasinya yaitu Tolen (LPPL Radio Pemkab Siak), Muatan Lokal Budaya Melayu (LPP RRI Pekanbaru), Obrolan Budaya Bolu Berempak (RRI Bengkalis).

Kemudian untuk Kategori Dakwah Nominasinya yaitu Religi Nite (Pemuda On The Track (LPP RRI Pekanbaru), Diennikum (Dien Klinik Untuk Antum (Robbani FM), Qurban dan Aqiqah (LPPL Radio Pemkab Siak).

Selanjutnya Kategori Ramah Anak
Nominasinya yaitu Program Kreasi Anak (LPPL Radio Swara Lima Luhak)-Rokan Hulu
Mutiara Bunda (Rama FM)-Kampar
Program Tumbuh Kembang Anak (LPPL Radio Kuansing FM)

Selanjutnya untuk Kategori Khusus yaitu Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Terbaik, Lembaga Penyiaran Swasta/ SSJ Terbaik, Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB) Terbaik, Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran, Tokoh Inspiratif Penyiaran, Tokoh Peduli Penyiaran, Lifetime Achievement.

Acara malam puncak KPID Riau Award 2023 sendiri akan diselenggarakan pada Minggu (20/08/2023) malam di Balai Serindit Gubernuran.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *