LENSARIAUNEWS.COM/Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, M.Si secara resmi melepas peserta pawai obor malam taptu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78 tahun 2023 yang dipusatkan di halaman Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Rabu (16/8/2023) Malam.

Peserta pawai obor terdiri dari pelajar gugus depan Pramuka Kabupaten Rokan Hilir, TNI, Polri dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara S.IP, Kasi Intel Kejari Rohil Yopentinu Adi Nugraha SH, Ketua KPU Rohil Supriyanto, Danpos AL, Perwakilan Polsek Bangko, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Ketua Persit KCK Cab LXXVI Kodim Rohil Ny.dr.Mery Nugraha Yudha Prawiranegara, para Asisten, Kepala OPD dan berbagai unsur lainnya.

Adapun rute pawai obor dimulai dari depan Kantor BPKAD Merdeka menuju Jalan Perwira, Jalan Riau, Jalan Perdagangan, Jalan Sumatra menuju Jalan Mawar dan finish kembali ke depan Kantor BPKAD.

Upacara Taptu dan Pawai Obor menjadi salah satu tradisi yang digelar pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Tradisi ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat turut memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk didalamnya semangat para pejuang.

Pelepasan pawai tersebut dilakukan langsung oleh Bupati dan semua peserta pawai berjalan beriringan sesuai rute yang sudah ditentukan.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 78 tahun 2023 tingkat Kabupaten Rokan Hilir pawai obor saya berangkatkan,” kata Bupati.

Pada momentum Kemerdekaan RI kali ini tema yang diusung ialah “Teruslah Melaju Untuk Indonesia Maju”. Adapun makna dari tema ini sendiri sebagai gambaran pencapaian yang sukses diraih sehingga posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. Melalui tema tersebut, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju.

Dengan pelaksanaan pawai obor dan malam taptu ini, Bupati berharap akan terbangun semangat yang menyala dalam diri masyarakat untuk mempertahankan Kemerdekaan RI dengan seluas mungkin.

“Semangat dalam hati ini harus bisa kita bangun dan dikobarkan kepada orang-orang disekitar kita. Termasuk mengenang bagaimana perjuangan para pejuang dalam merebut Kemerdekaan RI,” pungkasnya.

(Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *