LENSARIAUNEWS.COM |PEKANBARU  – Pemko Pekanbaru terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah setempat untuk tumbuh dan berkembang.

Sebagai bukti nyata terhadap dorongan tersebut, Pemko Pekanbaru melakukan sejumlah upaya. Mulai dari pendanaan hingga penyediaan tempat yang representatif untuk UMKM.

“Pemerintah Kota hari ini terus mendorong sektor UMKM. Ada dua program strategis yang diprioritaskan oleh Pj walikota di sektor UMKM ini,” ujar Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut saat menghadiri acara pengukuhan pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Pekanbaru, Sabtu (12/8/2023).

Ia menjelaskan program pertama adalah bantuan subsidi bunga untuk permodalan bagi UMKM.

“Kita sedang membenahi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang nantinya kita harapkan ini menjadi instrumen pembiayaan untuk pelaku usaha khususnya untuk saat ini masih UMKM, karena mungkin juga kemampuan masih terbatas,” cakapnya.

Untuk memotivasi itu, pemko menyertakan modal kemudian juga menanggung 9 persen bunga pinjaman dari 12 persen suku bunga. “Artinya pelaku usaha itu cukup bayar 3 persen, tentu dengan persyaratan tertentu. Yang paling penting dia adalah pelaku usaha Pekanbaru,” jelasnya.

Kemudian program yang kedua adalah, di tahun ini juga akan dibangun galeri bersama UMKM di jalan Arifin Ahmad.

“Di situ (Arifin Ahmad) ada bekas rumah dinas Wakil Walikota dulu yang sekarang jadi kantor Pariwisata dan Kesbangpol. Kebetulan dinasnya tersebut sudah pindah ke perkantoran Tenayan Raya, sehingga itu akan kita jadikan galeri besar UMKM Kota Pekanbaru,” ucapnya.

Namun demikian, tentunya ini butuh sentuhan dari banyak pihak, tak terkecuali dari KADIN Pekanbaru.

“Tentu ini butuh sentuhan juga dari teman-temen kadin, butuh dukungan juga agar misi ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Sebelumnya Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan meresmikan/melaunching pusat UMKM Kota Pekanbaru yang beralamat di Jalan Arifin Ahmad pada bulan Desember 2023 mendatang.

Muflihun mengatakan nantinya jika pusat UMKM tersebut sudah diresmikan, maka UMKM masyarakat bisa dititipkan disana.

“Akhir Desember Pemko Pekanbaru akan melaunching pusat UMKM kota Pekanbaru di jalan Arifin Ahmad. Itu kantor Wawako lama kita desain menjadi pusat UMKM,” ujar Muflihun, Rabu (9/8/2023).

Ia mengatakan adapun tujuan pemerintah kota membuat pusat UMKM ini agar produk UMKM masyarakat bisa dititip disana

“Kalau mungkin hari ini masyarakat hanya berjualan dengan online saja tapi masih belum ada tempat, nah besok itu kita siapkan tempatnya di pusat UMKM tersebut. Silahkan titip produk nya disana,” cakapnya.

Nantinya Pemerintah Kota akan melibatkan Dinas Perhubungan dan juga Pariwisata agar meminta kepada setiap mobil, bus wisata untuk singgah belanja disana (pusat UMKM).

“Kemudian untuk hotel, tamunya juga kita imbau untuk belanja di pusat UMKM tersebut. Minimal ini usaha pemerintah untuk membantu mendorong UMKM di Pekanbaru,” pungkasnya.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *