LENSARIAUNEWS.COM |BATAM – Pengunduran diri Andi Buchari dari jabatannya sebagai Direktur Utama BRK Syariah per 1 Juli 2023 diterima dan disahkan oleh seluruh pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Tahun 2023, Kamis (27/07/2023) malam di Hotel Radison, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Gubernur Riau Syamsuar melalui Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan usai RUPSLB itu menyampaikan tiga agenda yang dibahas dalam rapat dengan seluruh pemegang saham atau pun perwakilannya tadi berjalan lancar.

“Pengunduran diri Bapak Andi Buchari yang disampaikan sudah disahkan oleh pemegang saham. Pada prinsipnya seluruh pemegang saham ingin tahu alasan kenapa yang bersangkutan mengundurkan diri dan tadi juga sudah sama-sama didengarkan, alasannya sangat pribadi,” kata M Job Kurniawan.

Dan mengenai pertanggungjawaban selama Andi Buchari menjabat Dirut BRK Syariah, kata M Job lagi, masih tetap menjadi tanggungjawabnya untuk diselesaikan. “Mulai dari menjabat sampai dengan tanggal 1 Juli 2023, tetap menjadi tanggungjawabnya beliau,” ujarnya.

Dan agenda lainnya, kata M Job lagi juga disepakati seluruh pemegang saham melimpahkan kewenangan kepada Gubernur Riau selaku pemegang saham terbesar untuk melakukan seleksi dan membentuk panitia seleksi Direktur Utama Perseroan.

“Dan terakhir mengenai perubahan kalimat dan frasa pada Akta RUPS Tahunan No.27 tanggal 23 April 2022 juga sudah kita setujui bersama dan akan dilakukan segera perubahannya,” imbuhnya sebelum meninggalkan tempat acara RUPSLB tahun 2023.

RUPSLB 2023 dengan pembahasan tiga agenda tersebut dimulai pukul 20.30 WIB dan dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar diwakilkan Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan.

Dalam ruangan rapat yang digelar tertutup untuk umum itu hadir juga Komisaris Utama Syahrial Abdi, Komisaris Independen Roy Prakoso, Rita Anugerah, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Fajar Restu Febriansyah, Direktur Dana dan Jasa M.A Suharto, Direktur Operasional Said Syamsuri, Direktur Pembiayaan Tengkoe Irawan, Ketua Dewan Pengawas BRKS Zulhendri Rais dan Anggota Dewan Pengawas Saifuddin Yuliar.

Sementara dari Pemegang Saham terlihat hadir seluruhnya meskipun ada yang diwakilkan oleh pejabat di lingkungan pemerintahan yang dilengkapi dengan surat kuasa dari pemegang saham.

Di luar ruang rapat, Walikota Dumai Paisal mengatakan RUPSLB 2023 dengan agenda yang dipaparkan tadi berjalan lancar dan sudah disepakati bersama. “Intinya kami sepakat dan minta tim pansel pemilihan Dirut BRKS ini segera dibentuk agar BRK Syariah dapat dipimpin oleh Dirut dan kegiatan Bank berjalan dengan lebih baik lagi,” kata Paisal.

Hal senada juga disampaikan Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar. “Apapun nanti yang disepakati dalam RUPSLB ini, kami harapkan yang terbaik. Soal polemik pengunduran diri Dirut Andi Buchari juga tadi sudah sama-sama dijelaskan alasannya,” kata Asmar.

Selama menjabat Dirut BRK Syariah Andi Buchari, kata Asmar, sudah berperan besar dalam proses transformasi dari Bank konvensional hingga menjadi bank umum syariah. Kegigihan, ketekunan, dan kerjasama antara Andi Buchari dengan tim konversi ini berbuah manis.

“Terimakasih kepada Bapak Andi Buchari atas kepemimpinan dan dedikasinya yang sangat baik dalam memimpin BRK Syariah hingga tumbuh secara berkelanjutan,” tuturnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *