LENSARIAUNEWS.COM |PEKANBARU – Belasan pengunjukrasa dari Aliansi Gerakan Penyelamat Olahraga (AGPO) Riau melakukan aksi damai di gerbang Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati), Jumat siang (28/07/2023).

Mereka menuntut kasus dugaan korupsi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru diusut tuntas.

Koordinator Lapangan (Korlap) AGPO Riau, Hanafi Perdana Lubis dalam orasinya, meminta penyidik Kejati memanggil dan memeriksa M Yasir, Ketua KONI Kota Pekanbaru.

”Tolong bapak bapak Kejati Riau, panggil dan periksa M.Yasir, Ketua KONI Pekanbaru terkait aliran dana KONI tahun 2023. Karena kami menduga di sini ada beberapa pemalsuan kwitansi dan aliran dana yang diduga digunakan untuk kepentingan pribadi,” tukasnya saat berorasi.

Indikasi terjadinya penyelewengan korupsi itu bisa diawali dari identifikasi pengurus dan staf KONI Kota Pekanbaru yang belum menerima gaji/honorer selama 6 bulan.

Padahal, anggaran KONI Kota Pekanbaru 2023 ada yang sudah dicairkan sebesar Rp 1 miliar. Untuk mempermudah penyelidikan kasus dugaan korupsi ini, massa AGPO Riau minta Kejati untuk segera membuat Tim Khusus untuk menyelidikinya.

Korlap Hanafi Perdana Lubis juga mendesak Kejati Riau memanggil dan memeriksa Kadispora dan BPKAD Kota Pekanbaru. Betapa tidak, kedua pejabat ini diduga sudah melakukan persekongkolan dalam penggelapan dan penyelewengan dana KONI Kota Pekanbaru 2023.

Setelah lebih kurang 45 menit berorasi, massa pengunjurkasa akhirnya diterima Bambang Heripurnwanto, SH, MH, Kasi Penkum Kejati Riau.

Setelah mendengar aspirasi para pengunjukrasa, Bambang pun berujar; ”Kami atas nama pimpinan memberikan aspreasi kepada saudara saudara yang telah melaksanakan aksinya dengan aman dan damai”.

Lalu dia melunjutkan, surat tuntutan aksi ini akan disalurkan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kejati Riau. ”Untuk selanjutnya, kami menunggu keputusan pimpinan kami,” janji Bambang.

Usai mendengar tanggapan dari Kasi Penkum Kejati Riau itu, massa aksi pun mengakhiri aksi.

Namun sebelum meninggalkan gerbang Gedung Kejati Riau, Jalan Jenderal Sudirman, massa AGPO Riau
akan turun lagi dengan massa yang lebih banyak lagi bilal belum ada progress dari pihak Kejati Riau.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *