LENSARIAUNEWS.COM |SUMUT – Organisasi Pers, Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (PPDI) ajak seluruh insan Pers di Indonesia untuk bersama-sama bulatkan tekad menuju revolusi Pers di Indonesia. Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Umum Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (PPDI), Feri Sibarani, SH, dalam pidato pelantikan DPC PPDI Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, 27/07/2023.

, “Saya tidak pernah berfikir untuk sekedar menambah jumlah organisasi Pers di Indonesia. Sudah cukup banyak. Tetapi melihat kondisi Pers Nasional saat ini saya merasa terpanggil untuk menyampaikan kebenaran kepada ratusan juta rakyat Indonesia, bahwa Pers Indonesia sedang tidak baik-baik saja, sebagaimana disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada pidatonya di HPN februari lalu, ” Sebut Feri Sibarani.

Menurutnya, permasalahan laten yang terjadi secara terus menerus di dunia Pers Indonesia adalah terutama terkait kebijakan-kebijkan Dewan Pers yang kerap mempersulit kehidupan insan Pers secara nasional, yaitu Dewan Pers terlalu merasa sebagai super power dalam mengatur kehidupan Pers di Indonesia melalui sejumlah Peraturan Dewan Pers.

, “Ini tidak boleh kita biarkan, dimana Dewan Pers telah berubah menjadi organisasi super power, yang bertindak sebagai lembaga yang mengeluarkan aturan-aturan yang pada hakekatnya dapat mempersulit kehidupan Pers di Indonesia. Bahkan kerap mengeluarkan surat edaran ke seluruh perangkat pemerintah, mulai dari pusat hingga ke pelosok Indonesia, sehingga menimbulkan polemik di kalangan Pers, ” Kata Feri dalam pidato pelantikan DPC PPDI Kabupaten Humbang Hasundutan.

Feri, dalam konferensi Pers yang dilakukan pada hari yang sama, juga menyoroti terkait program UKW dan Terverifikasi Perusahaan Pers, yang diatur oleh Dewan Pers, dipandang sebagai tindakan over acting Dewan Pers, sementara aturan mengenai hal itu tidak di isyaratkan oleh UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers.

, “UKW dan terverifikasi Perusahaan Pers itu programnya Dewan Pers, bukan UU Pers. Dan itu semestinya diberlakukan hanya untuk organisasi yang terdaftar sebagai konstituen Dewan Pers, sebagaimana disampaikan Dewan Pers sendiri, bahwa konstituennya kan hanya beberapa organisasi saja, dan itupun atas keputusannya sendiri. Sehingga seharusnya tidak mengikat pada organisasi Pers lainnya, yang bukan konstituen, ” Ujarnya.

Disebutnya bahwa kebijakan Dewan Pers yang saat ini justru mengikat semua insan Pers dan organisasi Pers menunjukkan Dewan Pers tidak konsisten dan tidak jelas kemana haluan berfikir para pemimpin di Dewan Pers. Masih menurut Feri Sibarani, jika Dewan Pers tidak mengakui organisasi Pers lainya sebagai konstituennya, seharusnya jangan pernah mengatur wartawan atau perusahaan Pers yang bukan anggota Dewan Pers.

, “Kita melihat ada kerancuan, ada kesewenang-wenangan, ada sikap arogansi, mempersulit kebebasan Pers, membatasi ruang lingkup kerja perusahaan Pers dan wartawan dengan berbagai kebijakan dan surat edaran, yang kesemuanya itu dapat menimbulkan kerugian terhadap diri wartawan maupun perusahaan Pers, ini lah yang perlu di revolusi, bahkan berpotensi untuk digugat sebagai Perbuatan Melawan Hukum. Kita PPDI harus berjuang mengembalikan kondisi Pers kepada semangat Pers pasca Reformasi tahun 1999 lalu, ” Katanya.

Dalam momentum pelantikan DPC PPDI tersebut, Feri Sibarani, didampingi oleh Ketua DPC PPDI Kabupaten Humbang, Rian Widodo Marbun dan Sekretaris DPC PPDI Humbang Hasundutan, mengatakan, agar DPC PPDI Humbang Hasundutan segera membahas hak-hak yang dapat diperoleh seluruh wartawan yang bernaung di PPDI Humbang Hasundutan, kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan.

, “Saya perintahkan PPDI Humbang Hasundutan, agar segera beraudiensi kepada Bupati Humbang Hasundutan selaku kepala daerah dan sekaligus penanggung Jawab APBD, untuk membahas persoalan-persoalan Pers, khususnya di kabupaten Humbang Hasundutan, agar di diskusikan solusi untuk pemberdayaan insan Pers sebagai Mitra Pemerintah dalam peran publikasi informasi ke masyarakat Humbang Hasundutan, ” Sebut Feri.

Pelantikan DPC PPDI Humbang Hasundutan yang terselenggara di hotel Grand Maju Hotel kota Dolok Sanggul itu berlangsung dengan penuh antusias, serta penuh kebersamaan diantara sesama insan Pers. Adapun formasi kepengurusan inti DPC PPDI Humbang Hasundutan, di percayakan kepada, Rian Widodo Marbun (Selaku Ketua DPC PPDI Humbang Hasundutan), Ricki Damanik (Sekretaris DPC PPDI Humbang Hasundutan) dan Jonson Simamora (Bendahara DPC PPDI Humbang Hasundutan).(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *