LENSARIAUNEWS.COM | PEKANBARU, – Dari data ini, terbanyak kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Provinsi Riau itu Kota Pekanbaru. Hal ini sepanjang tahun 2023.

“Kasus penyakit DBD di Provinsi Riau ini meningkat. Totalnya ada ratusan kasus DBD sepanjang tahun 2023. Terbanyak itu di Kota Pekanbaru,” disampaikannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin.

Diskes mencatat, total kasus DBD di Riau mencapai 810 kasus. Terbanyak ditemukan di Kota Pekanbaru dengan jumlah kasus DBD sebanyak 169 kasus. Sementara yang paling rendah adalah Kabupaten Meranti sebanyak ada tiga kasus.

“Kalau kita lihat dari data yang ada, memang saat ini tren kasus DBD di Riau cenderung menurun. Puncaknya di Januari itu sampai 200 kasus,” sebut Zainal, Selasa (25/7/2023).

Sementara pada Februari kasus DBD ditemukan ada 123 kasus, di Maret ada 133 kasus, April 92 kasus. Kemudan di Mei turun menjadi 139 kasus dan Juni turun menjadi 124 kasus. Sedangkan untuk laporan kasus DBD Juli ini baru akan dirilis pada Agustus mendatang.

“Bisa mulai dari kamar mandi tempat bersarang. Karena kalau tiga hari sekali kita kuras dan bersihkan, itu pasti tidak ada telur, kalau tidak ada telur tidak ada jentik. Kalau tak ada jentik pasti tak ada nyamuk. Jadi 3 M itu harus digiatkan,” sebut Zainal.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *