LENSARIAUNEWS.COM |PEKANBARU – Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau, Imran Yusuf, SH, MH mengingatkan jajaran Pemerintah Provinsi Riau baik di sekretariat daerah maupun dinas dan badan untuk terbuka terkait akses informasi rencana dan realisasi pembangunan.

”Semua aparat pemerintahan harus melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan yang berlandaskan Undang-Undang, termasuk terkait keterbukaan informasi,” ujar Imran kepada media, Rabu (12/7/2023).

Imran menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau dan jajarannya harus menjalankan asas-asas pemerintahan yang baik, sehingga tujuan pembangunan dapat tercapai dan pertanggungjawaban dapat dipenuhi.

”Masyarakat dan insan pers memiliki peran yang sangat strategis dalam memastikan kelancaran dan keberhasilan pembangunan. Untuk itu, pemerintah harus membuka akses informasi terkait rencana dan realisasi pembangunan, sehingga masyarakat dan insan pers dapat turut serta dalam proses pembangunan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Imran mengingatkan eksekutif agar lebih proaktif dalam menyampaikan informasi yang transparan dan akurat kepada masyarakat.

“Keterlibatan masyarakat dan insan pers dalam menyampaikan informasi merupakan bagian penting dari upaya membangun kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah,” tambahnya.

Meski begitu, media juga harus menyampaikan informasi secara berimbang. Hal itu penting untuk menjaga harmonisasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Media harus bertanggung jawab untuk menyajikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya oleh masyarakat,” tutup Imran.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *