LENSARIAUNEWS.COM |PEKANBARU — Pemprov Riau optimis bahwa tingkat kunjungan wisatawan mancanegara akan naik drastis di sepanjang tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahmat mengatakan, tercatat per April 2023 jumlah kunjungan Wisman ke Riau mencapai 6.000 lebih.

“Itu jumlah tertinggi kunjungan Wisman ke Riau, khususnya tahun 2023. Selama pasca pandemi, itu data paling tinggi dalam sebulan,” katanya di Pekanbaru, Selasa (4/7/2023).

Roni menyebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya jumlah kunjungan Wisman ke Riau di bulan itu. Salah satunya momentum Idul Fitri.

Sementara itu, dia menyebut, ada beberapa sektor yang turut menunjang tingginya jumlah kunjungan Wisman ke Riau saat ini. Salah satunya event-event, atraksi budaya, termasuk sektor kuliner.

“Sejauh ini yang tercatat di kita memang sektor budayanya, orang-orang dari luar negeri banyak melakukan ziarah, termasuk kuliner, mereka suka, sih,” tuturnya.

Hal ini sejalan dengan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau.

Tercatat per April 2023, jumlah kunjungan Wisman ke Riau sebanyak 6.477 atau naik hingga 95,56 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan Wisman per Maret 2023 sebanyak 3.312 kunjungan.

Adapun pintu masuk kunjungan Wisman ke Riau tercatat melalui jalur laut dan jalur udara. Lewat pelabuhan di Dumai ada sebanyak 2.630 kunjungan atau 114,00 persen dari seluruh jumlah Wisman.

Lalu, melalui pelabuhan Bengkalis sebanyak 1.179 kunjungan atau 214,40 persen, dan melalui Pelabuhan Tanjung Harapan di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 218 kunjungan atau 1,882 persen dari seluruh jumlah Wisman.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *