LENSARIAUNEWS.COM/Rohil – Festival Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang mengusung tema “Kemilau Bagan” secara langsung diresmikan Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, Sabtu (1/7/2023) malam.

Dalam peresmian yang ditandai dengan pemukulan kompang tersebut, Bupati didampingi Ketua Komisi ll DPR Provinsi Riau Syafrudin, Kabid Dispora Riau Ardi Setiawan, Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara S.IP, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Ketua PKK Sanimar Afrizal serta Asisten lll.

Festival Ekraf yang dipusatkan di Jalan Merdeka, Bagansiapiapi tersebut merupakan kolaborasi antara Dinas Pariwisata Provinsi Riau bersama DPRD Riau dan Pemda Rohil.

Dalam sambutannya, Kabid Dispora Riau Ardi Setiawan mengatakan bahwa, di Provinsi Riau hanya ada dua event yang bisa mendatangkan ribuan penonton dan wisatawan yakni pacu jalur dan bakar tongkang.

Ia menegaskan bahwa, pelaksanaan festival Ekraf tersebut bukan untuk menandingi event bakar tongkang. Namun, bertujuan untuk menyemarakkan agar para wisatawan yang datang ke Bagansiapiapi bisa menyaksikan kekayaan budaya Kabupaten Rohil.

“Dengan festival Ekraf yang menampilkan berbagai budaya yang ada di Kabupaten Rohil, para wisatawan juga nanti nya bisa mencicipi jajanan maupun kuliner yang ada di Bagansiapiapi. Sehingga kita berharap kuliner para pelaku ekonomi kreatif ini bisa menjadi oleh-oleh saat para wisatawan berkunjung, ” katanya.

Apalagi sebutnya, dalam festival Ekraf tersebut diisi oleh para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Rohil demikian juga berbagai budaya yang ditampilkan.

“Kami dari Dispora Riau tentunya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati dan anggota DPRD yang telah bersama-sama berkolaborasi dalam penyelenggaraan festival Ekraf ini,” sebutnya.

Anggota DPRD Riau asal Rohil Syafrudin dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Dispora Riau dan Bupati Rohil serta jajaran yang telah memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan festival Ekraf tersebut.

“Kita harus bangga dengan Bupati Rohil yang begitu antusias dan menggerakkan seluruh elemen yang ada sehingga acara ini begitu ramai,” katanya.

Syafrudin atau yang akrab disapa Iput juga menegaskan bahwa pelaksanaan festival Ekraf bukan untuk menandingi event bakar tongkang. Namun untuk menyemarakkan dan menggerakkan ekonomi masyarakat sekaligus untuk menunjukkan bahwa masyarakat Rohil siap menyambut para wisatawan.

“Pemerintah telah membuka lebar-lebar bahwa pelaksanaan bakar tongkang tidak ada lagi halangan apapun. Festival ini jangan di pandang negatif, kehadiran festival ini untuk menunjukkan kepada masyarakat luar bahwa Rohil ingin menyambut para wisatawan dengan kegembiraan,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dalam sambutannya mengaku sangat bangga dengan antusias masyarakat Bagansiapiapi dalam meramaikan festival Ekraf tersebut.

Dengan akan berlangsung nya event bakar tongkang kata Bupati, Kabupaten Rohil khususnya Bagansiapiapi akan ramai di kunjungi para wisatawan baik lokal, Nasional bahkan manca Negara.

“Di Riau hanya ada dua event yang berskala Nasional yakni pacu jalur dan bakar tongkang. Sehingga dengan festival Ekraf ini menjadi salah satu sarana kita untuk mempromosikan UMKM yang ada di Rohil,” jelas Bupati.

Sehingga, Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dispora Riau dan ketua Komisi ll DPRD Riau yang telah berkolaborasi untuk menyelenggarakan festival Ekraf.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia, kami bangga dengan pelaksanaan festival Ekraf yang tentu nya meningkatkan ekonomi masyarakat Bagansiapiapi. Selaku Bupati saya mengajak seluruh masyarakat Rohil khususnya Bagansiapiapi mari kita ramaikan festival ini dan berbelanja produk para pelaku UMKM kita,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Rohil untuk bersama-sama membantu mempromosikan produk UMKM baik di media sosial maupun lainnya.

“Mari kita bantu para pelaku UMKM dengan mempromosikan baik di media sosial maupun lainnya. Sebab dengan hal itu tentunya bisa menarik para wisatawan,” pungkasnya.

(Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *