LENSARIAUNEWS.COM |Pekanbaru – Provinsi Riau, merupakan salah satu provinsi memiliki banyak sisi keunikan di dalamnya. Yakni berbagai bangunan megah banyak hiasi provinsi ini. Salah satunya yakni stadion serba guna yang dimiliki.

Stadion ini, menjadi termegah dibangun pada masanya, bahkan pernah menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Lancang Kuning. Pembangunan stadion menelan biaya triliunan rupiah. Stadion Utama ini dibangun dengan dana sebesar Rp1,18 triliun.

Sehingga, dengan biaya yang fantastis ini maka memiliki tampilan mewah dan megah. Bahkan, stadion kebanggaanya pada masyarakat Bumi Lancang Kuning tersebut mampu menampung sebanyak 45.000 orang penonton. Sebab, terbesar di Riau.

Bahkan, tercatat sebagai salah satunya stadion terbesar se – Indonesia. Stadion termegah dimasanya itu berada di Jalan Naga Sakti, Simpang Baru di Pekanbaru. Atau tepatnya diarea Kompleks Kampus Universitas Riau. Namun kini kondisinya prihatin.

Padahal, stadion yang dibangun dengan luas lahan yang tersedia yaitu mencapai 664.000 meter persegi. Sementara, luas dasar bangunan Stadion Utama Riau ini mencapai sekitar 74.543 meter persegi Fasilitas parkir 1520 unit sepeda motor, 1850 unit mobil, dan 40 unit bus.

Diketahui, bahwa stadion yang terbesar di Riau selesai dibangun tahun 2012 lalu dan pernah digunakannya sebagai Tuan Rumah upacara pembukaan sekaligus penutupanya Pekan Olahraga Nasional 2012. Bahkan juga digunakan sebagai tempat Kualifikasi Kejuaraan U-22 AFC 2013.

Dikutip dari laman dispora.riau.go.id. Ini dijelaskan pada tahun 2019 lalu, bahwa Stadion Utama Riau dilaporkan sedang dalam keadaan sangat memprihatinkan. Dikarena berbagai sisi terjadi kerusakan, bahkan ada vandalisme berbagai sudut
Stadion Utama Riau.

Maka pada tahun 2022 Sekdaprov Riau, SF Hariyanto ini telah meninjau kondisi
Stadion Utama Riau dengan didampingi langsung oleh Kepala Dispora Riau. Hal tersebut, SF Hariyanto mengungkapkan jika Ia akan menggandeng pihak swasta untuk mengelola dan memperbaiki pada stadion tersebut.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *