LENSARIAUNEWS.COM |Pekanbaru – Penjabat (PJ) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Senin (19/6/2023), meluncurkan tiga inovasi layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru. Pawai peluncuran berlangsung di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru.

Semua layanan ini merupakan hasil kerja sama dengan sejumlah pihak. Ada kerja sama dengan TP PKK Pekanbaru di seluruh kecamatan, Kantor Kementerian Agama Pekanbaru dan Grab Indonesia.

“Ada layanan Andong, Plakat Kecil dan Jaka Bagus,” jelas Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun saat peluncuran.

Keberadaan layanan-layanan ini dimaksudkan untuk memudahkan pelayanan masyarakat. Dengan layanan Andong, misalnya, masyarakat bisa mendapatkan kemudahan melalui penyediaan KTP dan KIA.

Ia menyadari bahwa tidak semua masyarakat memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru. Ada juga masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor untuk mengambilnya.

Masyarakat juga dapat menggunakan layanan Andong bersama Grab Indonesia. KTP dan KIA diantarkan langsung melalui Grab Express.

“Tapi perlu dicatat di sini bahwa KTP-nya tetap gratis. Tapi hanya membayar tarif Grab saja, KTP-nya tetap gratis,” katanya.

Bagi masyarakat yang baru menikah bisa menggunakan layanan Plakat Kecil. Ia juga menambahkan bahwa untuk program Jaka Bagus, anggota TP PKK di kelurahan bisa aktif membantu para penyandang disabilitas.

“Untuk PKK, kami berharap mereka bisa turun ke masyarakat secara massal dan melihat para penyandang disabilitas,” jelasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *