LENSARIAUNEWS.COM |PEKANBARU, – Kehadiran Tim Penilai Lomba Kebersihan di Kelurahan Pematangkapau disambut antusias warga. Camat Kecamatan Kulim Raja Faisal Febnaldi, M.IP yang turut hadir mengapresiasi Tim Penilai dari Pusat Pengendalian Ekoregion Sumatera, DLHK Riau dan DLHK Kota Pekanbaru dan memuji andil kebersamaan warga titik lomba penilaian.

Camat menjelaskan, sebelumnya pihak kecamatan telah melakukan roadshow gotong royong di lima kelurahan yang ada di Kecamatan Kulim. Kunjungan langsung saat Goro massal tersebut sekaligus mengamati peran serta warga masyarakat terhadap kepeduliannya pada lingkungan.

“Kita sudah roadshow di lima kelurahan ketika Goro bersama, sekaligus menyapa dan menyemangati warga perlunya kebersamaan dalam menjaga lingkungan,” pungkas
Camat di acara pembukaan di Kantor Lurah Pematangkapau, Jumat (09/06/2023).

Dijelaskan, Kecamatan Kulim sebagai kecamatan bungsu di Kota Pekanbaru setiap saat terus berbenah. Apalagi sebagai pintu masuk berbatasan dengan tiga kabupaten lain, Kecamatan Kulim berpacu untuk maju berkembang. “Jika semboyan Kota Pekanbaru Bergerak, kita di Kecamatan Kulim bahkan bisa dikatakan berlari,” seruan motivasi Camat Kulim yang juga pelatih sepakbola profesional di Riau.

Atas upaya dan peran serta masyarakat, Camat Kulim pun optimis kelurahan di wilayahnya akan mampu meraih prestasi terbaik sebagai juara pada lomba kali ini.

Adapun Tim Penilai yang turut hadir masing-masing Arif Voni M.SE, selaku Ketua Tim, Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Pratama, pusat Pengendalian Ekoregion Sumatera. Berikutnya Ir Ina Mulyani, MT, Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Madya DLHK Riau, Dewi Mega SH, Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan DLHK Kota Pekanbaru serta Juniar Ernita Uli Sinaga, ST, Penyuluh Lingkungan Hidup DLHK Kota Pekanbaru.

Arif Voni MSE, Ketua Tim mengaku sangat terharu atas sambutan camat dan kekompakan team di Kelurahan Pematangkapau. Namun demikian diharapkannya kekompakan tersebut diaplikasikan di lapangan atau lingkungan, bukan hanya saat terlihat saja.

Dijelaskan juga kriteria penilaian lomba kebersihan seperti bagaimana kebersihan lingkungannya, bagaimana upaya kelola lingkungan oleh masyarakat serta keterlibatan atau peran serta masyarakat dalam ikut mengelola lingkungan secara aktif.

Lanjutnya, boleh banyak organisasi masyarakat yang peduli, namun terpenting adalah turut terlibat aktif mengelola kebersihan lingkungan.

“Kami akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada masyarakat, dan harap maklum atas pertanyaan yang banyak akan kami ajukan. Siapapun yang akan kami tanyakan di lapangan, harap maklum,” pungkas Arif Voni.

Pada sesi peninjauan ke lapangan lokasi RT05/RW03, Tim Penilai langsung berinteraksi dengan lingkungan dan wawancara langsung dengan warga sekitar, termasuk juga dengan Ketua RT dan Ketua RW setempat.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir jajaran Kecamatan dan seluruh Lurah di Kecamatan Kulim, Kepala Puskesmas Tenayan Raya, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Kulim yang diwakili Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua KNPI, Ketua PP, Ketua LPM, Ketua Forum RT/RW, ibu ibu PKK dan lainnya.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *