PELALAWAN (lensariaunews.com) – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, semringah mendapat bantuan gerobak gratis dari Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan.

Sebanyak 26 gerobak gratis ini di serahkan kepada pelaku UMKM yang berada di Pangkalan Kerinci. Yang sebelumnya sudah di data dan usulan tahun lalu oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan Kabupaten Pelalawan.

Bantuan gerobak gratis ini merupakan salah Satu program Bupati Pelalawan H Zukri dengan motto “Ekonomi Tumbuh Pelalawan Maju” dalam menunjang dan mendukung para pelaku UMKM yang sangat membutuhkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tentunya, dengan gerobak kondisi baru dan lebih menarik itu, mereka yakin bisa menjadi daya tarik bagi konsumennya.

Usai menerima gerobak, para pelaku UMKM langsung membawa pulang dengan menggunakan mobil pikap yang di bantu petugas Dinas Perindag dan UMKM Kabupaten Pelalawan.

Salah seorang pedagang gorengan di Gg 2000 Pangkalan Kerinci, Yetna Wati mengaku gerobak yang diterimanya sangatlah membantu. Apalagi, gerobak lama tidak bisa digunakan karena kondisinya sudah rusak.

“Dengan gerobak baru ini, Insya Allah akan lebih menarik dan meningkatkan ekonomi dagangan kami,” kata Yetna Wati, Jumat (2/6/2023).

Begitu pula pengakuan pedagang Sate Jalan Abdul Jalil Alam Syah. Dirinya mengaku senang dan optimistis usahanya lebih berkembang. Usaha yang saya jalankan untuk menghidupi keluarga.

“Saya ucapkan terima kasih dengan bantuan gerobak ini. Semoga Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Perindag dan UMKM khususnya Bapak Bupati H Zukri yang selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu amanah untuk rakyat, Aamiin,”ucapnya mengadakan tangan sembari berdoa untuk para pemimpin di Pelalawan.

Para pelaku UMKM itu pun berharap Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui program Pelalawan Maju terus memberikan perhatian kepada pelaku UMKM.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan Kabupaten Pelalawan, Hanafi M.Si mengatakan sebanyak 26 unit gerobak disalurkan ke para pelaku UMKM atau pedagang yang membutuhkan dan telah diusulkan tahun lalu.

Dia juga menjelaskan, bahwa bantuan gerobak berkah itu merupakan program Pemerintah Kabupaten Pelalawan, untuk para pelaku usaha kecil yang memiliki sarana dan modal terbatas.

Tak hanya itu, ia juga menaruh harapan besar kepada para penerima bantuan agar dapat memelihara dan memanfaatkanya dengan baik. Dan juga mengingatkan pula agar bantuan semua ini dimanfaatkan dalam waktu yang panjang.

“Kita juga memberikan arahan dan menyampaikan pesan dari Pak Bupati agar gerobak yang sudah diserahkan kepada penerima manfaat benar-benar dapat dipergunakan sebaik mungkin semoga dapat menunjang taraf perekonomian pasca terdampak COVID-19. Tentunya, melalui program pemberdayaan pelaku UMKM tidak boleh dipindah tangankan pihak dinas juga akan melakukan monev terhadap pelaku UMKM secara berkala,” terangnya.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, mengingat 2 tahun lalu negeri ini dilanda Covid-19 tentunya berdampak terhadap pelaku usaha UMKM. Sekali lagi semoga ekonomi masyarakat dapat semakin membaik lagi,” tambah Kadis yang dekat dengan insan pers ini.

Ditempat yang berbeda, Sekretaris Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Pelalawan Ferly Azhari SH. Dia menilai bantuan Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan tersebut akan sangat bermanfaat untuk pelaku UMKM, sekaligus memulihkan perekonomian pascapandemi Covid-19 tahun lalu.

“Saya sangat mengapresiasi bantuan gerobak gratis untuk para pelaku UMKM ini. Semoga bermanfaat dan ekonomi masyarakat dapat semakin membaik lagi,” pungkas pria yang pernah mengenyam pendidikan di Yogyakarta ini.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *