LENSARIAUNEWS. COM/Rokan Hilir-Sosialisasi Terpadu Dan Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan dilaksanakan Oleh PT Ruas Utama Jaya Bekerjasama Dengan Lembaga Tepak Sirih di sekolah SMAN 1 Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau pada hari Senin, 15 Mei 2023 pukul 09.00 Wib yang di buka oleh Camat Tanah Putih Tanjung Melawan H.Muhammad Zuhri S,Ag MM Didampingi Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan .

Di Hadiri Oleh Kapolsek Tanah Putih Tanjung Melawan Iptu Iptu Bahagia Ginting, S.H, Danramil Koramil 02 Tanah Putih di wakili Oleh Danpos Dan Babinsa Peltu Lukas Joko Aprilanto, Sertu Mubin Bakari, Serda Boiran serta Datuk Dan Datin Penghulu Sekecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Ketua Lembaga Tepak Sirih Muhammad Sarbaini /Rahmat Pantun Serta Anggota Dan Siswa siswi SMA Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupatean Rokan Hilir Provinsi Riau.

Selanjutnya sosialisasi ini disampaikan oleh pemateri Bapak Genta Hidayat Dari PT Ruas Utama Jaya Dan Anggi Saputra Dari RPK PT Ruas Utama Jaya.

Kegiatan berlangsung khidmat, para peserta didik mengikuti dengan antusias dan rela terlibat langsung dalam simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan menggunakan peralatan standar operasional dari perusahaan yang dilaksanakan di lapangan sekolah, dari pengenalan alat sampai kepada praktek/simulasinya.

Dalam simulasi ini, ditampilkan peragaan pemadaman dengan menggunakan peralatan mini striker, mini tohatsu V20, tohatsu V 85, selang 2,5 inch dan sambunesia atau alat pemadaman untuk di lahan gambut serta sejumlah peralatan manual.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rahmat SPd meminta anak didik agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini karena sangat bermanfaat untuk pengetahuan dan upaya menjaga kelestarian hutan dan lahan.

PT Ruas Utama Jaya Bersama Lembaga Tepak Sirih Kabupaten Rokan Hilir menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada SMA Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan sebagai lokasi kegiatan sosialisasi dan praktek lapangan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Sehingga peserta didik nantinya setelah memahami cara penanganan karhutla dan bisa menularkan ilmu ke masyarakat sekitar atau keluarga

Sebelum ke materi dan praktek, Humas PT Ruas Utama Jaya Zulkifli mengatakan perusahaan PT Ruas Utama Jaya sebagai mitra pemasok APP sangat konsisten dan komit menangani pemadaman api. Termasuk telah menyiapkan regu pemadam kebakaran dengan didukung personel terlatih dan peralatan pemadaman.

Disaat musim kemarau, lanjutnya, sangat rentan terjadi karhutla, namun sebelum terjadi, tim RPK terlebih dahulu melakukan kegiatan pencegahan, persiapan alat, personel serta deteksi dini kemunculan titik api.

“Melalui sosialisasi ini kita ingin memperkenalkan bagaimana cara memadamkan api dan kita selalu melakukan pencegahan serta deteksi dini, baik lewat darat dan udara. Semoga kegiatan ini mendapat manfaat bagi generasi muda,” sebut Zulkifli.

Sementara Itu Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Muhammad Zuhri S.Ag MM menilai generasi muda perlu dibekali dengan pengetahuan bahaya dan cara penanggulangan karhutla serta imbauan tidak membakar untuk pembukaan lahan. Tujuan agar pelajar sejak dini sudah meningkatkan kewaspadaan dan peduli terhadap kelestarian hutan dan lahan.

Selain itu, dengan memiliki pengetahuan, juga akan tumbuh rasa kesadaran terhadap bahaya karhutla ini dan dapat terlibat langsung dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan, minimal di lingkungan terdekat.(Rahmat Pantun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *