LENSARIAUNEWS.COM |Pekanbaru – Semenjak dilantiknya Muflihun sebagai Pejabat Walikota Pekanbaru pada Mei 2022 lalu, sudah berbagai terobosan dihasilkan dalam rangka memberikan kepuasan, kemudahan dan kenyamanan bagi warga kota Pekanbaru, termasuk hadirnya aplikasi ASIAP yang bertujuan memudahkan layanan pajak di Bapenda Pekanbaru. 21/03/2023.

ASIAP (Aplikasi Antar SPPT PBB) adalah inovasi baru dari Bapenda yang dilaunching oleh Walikota Pekanbaru Muflihun, S.STP, M.AP pada Selasa Pagi (21/03/2023) bagian dari rangkaian acara Pekan Panutan PBB 2023.

Pemerintah kota Pekanbaru melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus memperlihatkan komitmennya dalam penyediaan layanan kemudahan dan kemurahan perpajakan daerah kepada Masyarakat kota bertuah lewat pemanfaatan teknologi informasi.

Pada Selasa pagi (21/03/2023) diantara rangkaian acara yang ditaja dalam Pekan Panutan PBB 2023, pj. Walikota Pekanbaru, Bapak Muflihun, S.STP, M.AP melaunching aplikasi yang dilabeli Bapenda dengan nama ASIAP.

ASIAP merupakan singkatan dari Aplikasi Antar SPPT PBB yang diharapkan memudahkan petugas dan masyarakat dalam mengecek keberadaan lembaran Surat Pemberitahuan Pajak Terutang PBB. SPPT PBB sendiri merupakan lembaran tagihan yang menjadi dasar pembayaran PBB oleh masyarakat.

Sejauh ini penyampaian SPPT PBB masih di administrasikan secara manual dengan rekapitulasi secara berjenjang dengan berita acara per tahapannya. Petugas pengantar merupakan ujung tombak sukses ataupun tidak lembaran ini sampai kepada masyarakat. Hal ini berkaitan langsung dengan kinerja realisasi PBB setiap tahunnya, karena tidak sedikit masyarakat yang belum bayar PBB dengan alasan belum menerima lembaran SPPT ini.

Dalam sambutannya pada acara peluncuruan aplikasi tersebut, Walikota Muflihun menekankan kepada Camat dan Lurah untuk selalu melakukan pemantauan terhadap pendistribusian SPPT PBB, serta koordinasi dengan RT/RW dalam penyampaiannya agar SPPT tersebut benar-benar sampai ke wajib pajak,

“Apalagi telah dilaunching aplikasi penyampaian SPPT PBB (ASIAP), sehingga keberadaan lembaran SPPT dapat dilacak dimana posisinya, apakah masih di petugas atau sudah terkirimkan dan/ataupun tidak, dengan alasan yang jelas”, tegasnya.

Kalaupun nanti di lapangan ada masyarakat yang belum menerima SPPT sebut Uun panggilan akrab Walikota Pekanbaru ini, agar tidak berdiam diri, masyarakat juga dapat mengakses langsung cek tagihan PBB lewat ‘smart tax pekanbaru’”. terang Muflihun.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *