LENSARIAUNEWS.COM | Pekanbaru – Antisipasi Bencana yang melanda di Kota Pekanbaru seiring dengan musim panas yang melanda wilayah benua Asia, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri R P Siagian S.I.K, M.H, mempimpin rapat Koordinasi penanganan bencana, yang dilakukan di ruang Kiambang Polresta Pekanbaru, Rabu, 25 April 2023.

Rapat dalam rangka melakukan mitigasi dan upaya kesiap siagaan menghadapi bencana karhutla, yang diikuti oleh oleh Kapolsek se kota Pekanbaru, turut hadir Sekko Pekanbaru Indra Pomi, ST. MSi, PJU Polresta, Kadis Damkar, Kadis Pers Lanud Roesmin Nurjadin, BPBD Pekanbaru, camat se Pekanbaru x dan sejumlah instansi lainnya.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri dalam sambutannya menyebutkan perlunya koordinasi lintas Instansi di Pekanbaru untuk siap dan sedia berhadapan bencana yang akan terjadi di Pekanbaru.

” Maka rapat koordinasi ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kekuatan dan kesiapan logistik dalam menghadapi bencana. Baik iti bencana karhutla. Kemudian Logistik itu juga penting. Logistik itu tidak hanya berkaitan dengan peralatan namun juga berkaitan dengan sumber daya manusia. Melalui rapat ini kita juga perlu memetakan daerah rawan, langkah cepat/tindakan yang perlu dilakukan agar bencana dapat diminimalisir. ” Ucap Kombes Pol Jefri.

Ditegaskannya ia meminta seluruh jajaran personel Polresta Pekanbaru untuk peka dan gerak cepat segala informasi yang berkaitan dengan kebencanaan, jangan sampai bencana/musibah telah terjadi baru melakukan tindakan atau kalang kabut.

Dijelaskan lebih bahwa saat ini adanya musim panas yang melanda asia dan juga Indonesia perlu dilakukan penguatan patroli lahan lahan kering atau kosong di Pekanbaru. ” Bhabinkamtibmas disetiap kecamatan untuk dapat meningkatkan patroli di lokasi lokasi lahan yang diduga dapat mudah terbakar, kemudian berkoordinasi dengan pihak kelurahan, dan yang tak kalah penting adalah pusat pusat layanan kesehatan juga dikoordinasikan l, ” Ucap Kombes Pol Jefri R.P. Siagian S.I.K, M.H

Dalam rapat koordinasi itu juga berbagai instansi dan dinas juga memaparkan berbagai informasi dan kesiap siagaan bencana. Seperti BPBD Pekanbaru yang memaparkan jumlah personel dan peralatan yang siapkan, dan peta peta daerah rawan Pekanbaru akan kebakaran lahan.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *