LENSARIAUNEWS.COM | Bangkinang – Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol,MM dampingi Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar,M.Si melepas masyarakat yang mengikuti prosesi Hari Rayo Onam (Ayi Ayo Onam) atau Hari Raya Zorah (Ziarah Kubur) di Dusun Uwai Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang, Sabtu, 29/04/2023 atau bertepatan dengan 8 Syawal 1444 Hijriyah, selanjutnya Gubernur Riau dan Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol MM ikut serta berjalan kaki menuju pemakaman untuk melakukan Ziarah Qubur dan memanjatkan doa.

Pada Kesempatan tersebut turut hadir Staf Ahli Gubernur Riau Yurnalis Basri, Ketua DPRD Kampar M.Faisal,ST, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, S.Ag, Pj Sekda Kampar Ir.H. Azwan,M.Si, Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo, Dandim 0313/KPR Arh Mulyadi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , Camat Bangkinang Darusmar, Kades Muara Uwai Edi Akmal serta masyarakat Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang.

Pj Bupati Kampar mengucapkan Selamat datang pada Bapak Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M. Si beserta seluruh Rombongan.

Pj Bupati Kampar Dr. Kamsol Juga melaporkan pada Gubri bahwa di kabupaten Kampar ini mempunyai tradisi yang sudah turun temurun saat usai merayakan Hari raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah. Masyarakat di Kabupaten Kampar melanjutkan dengan puasa sunnah selama enam hari persis setelah hari Raya Idul Fitri, yaitu pada 2-7 Syawal. Namun, orang yang berpuasa di luar tanggal itu, sekalipun tidak berturut – turut tetap mendapat keutamaan puasa Syawal seakan puasa wajib setahun penuh, dan diakhiri dengan Ziarah Kubur Hari Raya Enam atau “Aghi Ghayo Onam”.

Selain untuk meningkat Ukhuwah Islamiyaj, Ini juga suatu kebanggaan kami, dimana kentalnya rasa persaudaraan dan kekompakan masyarakat Kampar dalam mengekspresikan rasa syukur kepada Allah Swt dalam merayakan Ziarah Kubur Hari Raya Enam atau Aghi Ghayo Onam yang sangat religius ini”.Ujar Kamsol

Terakhir Kamsol berharap agar momen ini benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia dan kebersamaan.

Selanjutnya Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M. Si mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Onam kepada seluruh masyarakat di kecamatan bangkinang Semoga kita semua dapat menjaga ketakwaan kita dan kita termasuk golongan orang orang yang menang.

Syamsuar juga menyampaikan Hari Raya Onam atau (Ziarah kubur) ini sudah tradisi turun temurun dan perlu terus di lanjutkan. Selain berkumpul dengan keluarga juga menjadi ajang silaturahmi masyarakat Kampar, yang pulang kampung dari berbagai daerah, Tujuan Hari Raya Onam ini juga untuk mendoakan Arwah – Arwah para pendahulu kita.

“Bahkan ada juga warga Kampar yang dari Malaysia dan negara tetangga sengaja datang untuk menghadiri ziarah kubur, yang sekaligus menjadi hari raya enam di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar”.

Syamsuar berharap Perayaan Hari Raya Onam ini menjadi ajang Promosi Wisata Religi di Provinsi Riau Khususnya di Kabupaten Kampar.

Selanjutnya Ia juga mengapresiasi Pj Bupati Kampar yang sudah menjalankan tugasnya dan yang juga telah menjalankan berbagai program-program untuk kesejahteraan masyarakat di kabupaten kampar.

Syamsuar juga mengingatkan bahwa sekarang musim. Kemarau untuk itu kami berharap kepada pemerintah kabupaten kampar, kapolres dandim dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan kita, untuk itu mari sama – sama kita jaga lingkungan di sekitar kita”.Harap Syamsuar

Karna seperti yang kita ketahui di kabupaten terdapar beberapa wilayah yang rawan terjadi kebakaran seperti dirimbo panjang perbatasan Kampar Pekanbaru, untuk ini mari sama – sama kita jaga lingkungan kita.

Setelah melepas peziarah kubur Gubernur Riau bersama Pj Bupati Kampar melanjutkan mengikuti prosesi ziarah kubur di makam Pahlawan Datuk Tabano di depan Masjid Almujahidin Desa Muara Uwai, dilanjutkan dengan berziarah ke pemakaman persukuan putopang dekat Masjid Jami’ desa Muara Uwai.

Kemudian Gubernur Riau dan Pj Bupati Kampar melanjutkan berziarah ke pemakaman Dharun Najah di belakang Ponpes Darun Bangkinang.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *