LENSARIAUNEWS.COM | Bangkinang Kota, Memasuki 1 Syawal 1444 H, Pemerintah Kabupaten Kampar beserta masyarakat laksanakan Sholat Ied bersama di mesjid Kebanggan Masyarakat Kabupaten Kampar Islamic Center, Sabtu(22/4).

Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM beserta Ibu Deswita Kamsol ikuti Sholat Ied 1444 H bersama dengan Forkopimda Kabupaten Kampar, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M.Si, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar dan seluruh elemen masyarakat, seraya merayakan hari kemenangan.

Sebelum Sholat Idul Fitri dilaksanakan Pj. Bupati Kampar berkenan mberikan sambutan dihadapan para jamaah Sholat Ied. Dalam mengawali sambutannya Pj. Bupati Kampar atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kampar mengucapkan Selamat Idul Fitri 1444 H/2023 M.

“Dalam suasana hari raya yang merupakan hari kemenangan bagi umat islam ini, mari kita hayati kembali makna dan pesan penting kefithrahan manusia, baik sebagai ibadullah (hamba Allah) maupun sebagai khalifatullah fil ardli (khalifah di bumi)” demikian disampaikan Kamsol.

Kemudian Kamsol menambahkan “momentum Idul fitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang dan terus saling peduli demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban.

Makna ini mengisyaratkan bahwa setiap muslim yang merayakan Idul fitri sebenarnya dia sedang merayakan kesucian rohaninya dan menikmati sikap keberagamaan yang benar. agar fitrah itu tetap terpelihara dan terus bersemi, hendaknya kita mengacu pada pola kehidupan yang Islami. Yaitu, pola kehidupan yang bernafaskan nilai-nilai spiritualitas dan akhlak mulia, tingkatkan ukhuwah islamiyah agar diri menjadi bersih”

Dalam sambutannya Pj. Bupati Kampar juga sempatkan sampaikan program dari Pemerintah Kabupaten Kampar yang memang sedang hangat-hangatnya digalakan. Selaku Pemerintah, harus mampu melihat persoalan masyarakatnya secara empatik, kemudian berupaya mengurainya untuk terciptanya tatanan kehidupan yang adil dan berkesejahteraan. Pemerintah juga harus mampu menjadi lentera di kala gelap, menjadi payung di kala panas, menjadi garam bagi kehidupan dengan berupaya menghadirkan kemaslahatan dan prestasi yang maksimal untuk peradaban manusia yang lebih baik. Sehingga mampu menjadi pemilik agama yang benar, hanifiyyah wa al-samhah yang santun, toleran, dan penuh kasih sayang kepada sesama.

Setelahnya Pj. Bupati Kampar bersama jemaah lainnya langsung ikuti Sholat Ied, dan kemudian mendengarkan Khutbah Idul Fitri yang disampaikan oleh Ustad Dr. H. Erman Gani, MA. Melanjutkan rangkaian kegiatan Idul Fitti 1444 H, Pj. Bupati Kampar langsing menuju Balai Bupati Kampar guna lakukan Open House Idul Fitri.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *