LENSARIAUNEWS COM | INHU – Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning (LK) 2023 dengan tema “Mudik Aman Berkesan” berlangsung cukup khidmat.

Apel yang digelar dihalaman Mapolres Inhu, Senin 17 April 2023 tersebut dipimpin Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, S.E dengan Perwira Apel, Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Rocky Junasmi, S.I.K, M.H dan Komandan Apel, Ipda Rahmat Hidayat, S.H.

Pimpinan apel saat membacakan amanat Kapolri menyampaikan, apel gelar pasukan merupakan pengecekan akhir kesiapan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Idul Fitri 1444 H.

Seperti yang diketahui, bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Berdasarkan survei indikator periode 5-10 Mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik.

Terlebih lagi, Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%. berkaitan dengan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan untuk berhati-hati, sebab tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik, dari 86 juta ke 123 juta dari survei, artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik.

Oleh sebab itu, Pollri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi “Tetupat 2023” selama 14 hari sejak 18-1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10-16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2- 9 Mei 2023.

Operasi ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasaraharja, Jasa Marga, Satpol-PP pp, Dinas Perhubungan, Dinas kesehatan, Pramuka dan mitra Kamtibmas lainnya Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 pos.

Dalam amanat yang dibacakan Bupati Inhu, Kapolri menegaskan, terkait permasalahan Laka Lantas. optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan. Disamping itu, ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan.

Jika terjadi Laka Lantas, segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban, serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah, dalam rangka mengurangi kepadatan volume kendaraan di jalan, pemerintah melalui stakeholder terkait menyelenggarakan program mudik gratis, termasuk Polri melalui program mudik dan balik gratis polri presisi tahun 2023.

Program tersebut ditargetkan mampu menampung 20.000 orang menggunakan 500 bus, dengan rute dari Jakarta menuju Jateng, Jabar, Jatim dan DIY pada tanggal 18-19 April 2023. Silahkan dorong stakeholder lainnya di daerah untuk menyelenggarakan program serupa di wilayahnya, sehingga dapat direplikasi tidak hanya dilakukan dari ibu kota negara tetapi juga ibu kota provinsi. disamping menjamin Kamseltibcar Lantas.

Kegiatan itu dihadiri Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K, Dandim 0302 Inhu, diwakili oleh Danramil 01 Kapten Inf H.B. Sitepu, Kejari Inhu diwakili oleh Kasi Datun Galih Aziz, S.H, Sekretaris Pengadilan Negeri Rengat, Harry Kurniawan, S.I.P, Kadishub Inhu, Jawalter, M.Pd, para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Inhu.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *