LENSARIAUNEWS.COM/Pekanbaru– Jika tidak ada aral melintang 14 Mei 2023 mendatang Kesultanan Siak Sri Indrapura menyambut Milad ke-300 (1723 – 2023) berdirinya Kerajaan yang cukup terkenal di Nusantara ini.

Sultan Siak XIII Milad juga akan melaksanakan Milad Pertama,(2022-2023), bersempena Milad ini panitia akan mengadakan Seminar Nasional dengan menghadirkan Narasumber Tokoh Nasional,Pakar Hukum Adat, Ahli Sejarah, Pengadilan Tinggi Agama Riau serta Sultan Siak XIII di Kabupaten Siak Sri Indrapura.

Diperkirakan peserta seminar dan tamu undangan sebanyak 250 orang dari Dalam dan Luar Negeri.

Tetamu dari luar Negeri diantaranya dari Negara Malaysia, Singapura, India, Pakistan, Brunei, Cina, dan Irlandia,sementara tamu luar Daerah berasal dari Raja, Keraton, Ratu, dan Sultan Nusantara sebanyak 10 orang, Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI) Prof DR Juajir S SH MH dan segenap pengurus LKPASI lainnya.

Peserta dalam Daerah Riau terdiri dari : Kerabat Kesultanan Siak, Keluarga Besar Datuk Lima Puluh, Keluarga Besar Datuk Tanah Datar, Keluarga Besar Datuk Pesisir, Keluarga Besar Datuk Kampar, Keluarga Besar Datok Laksamana Raja Di Laut, Keluarga Besar Datuk Mufti, Keluarga Besar Datuk Orang Kaya dan Pembesar Pembesar Kesultanan Siak, LAM Riau, Ormas Melayu se-Riau, Paguyuban se-Riau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Politik, Tokoh Pengusaha, Ikatan Media Online, Tokoh Agama, Akademisi, Tokoh Pendidikan dan Mahasiswa.

Demikian disampaikan Ketua Panita Pelaksana Milad Zulfadli SH,Senin (10/4/2023)

” Acara Milad selama dua hari, dari tanggal 13-14 Mei 2023, Pembukaan Milad Sabtu 13 Mei 2023, Seminar Nasional dengan Tema Fungsi Dan Peran Kesultanan Siak Sri Indrapura Diawal Kemerdekaan RI Sampai Sekarang,kemudian diikuti Karnaval Kota Siak, Sultan Siak Bersalawat, dan Ceramah Agama Ustad Prof DR Abdul Somad MA (Tentatif), ” Ucap Zulfadli SH.

” Pada hari kedua diadakan Doa dan sambutan Tokoh Pemuda dan Organisasi Melayu Riau, Acara Adat pengukuhan dan penabalan perangkat Kesultanan, Berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura, acara Hiburan dan penutup, ” Terang Ketua Panitia Milad ini.

Di tempat terpisah Ketua LKPASI DPW Riau Datuk Dr. H. Misri Hasanto M.Kes didampingi Sejretaris, Datuk H Yan Faizal menyebutkan siap mendukung dan memfasiltasi helat Milad Sultan Siak Sri Indrapura ke-300 ini dan Milad Sultan Siak Sri Indrapura XIII Pertama ini bersama seluruh komponen Panitia Pelaksana.

Datuk Dr.H .Misri Hasanto M.Kes yang juga Kabag Administrasi Sultan Siak menjelaskan tujuan diadakan Seminar Nasional adalah agar tidak ada keraguan lagi terhadap legalitas Sultan Siak Sri Indrapura XII.

” Jarena saat seminar nanti bisa dipertanyakan dan dibuktikan legalitas dan kebenarannya,selanjutnya Sultan Siak XIII juga akan menjelaskan perjuangan yang beliau lakukan selama ini, terutama perjuangan pengembalian Daerah Istimewa (Swapraja) Siak yang pernah ada sejak tahun 1950, serta Hak-hak masyarakat Adat Kesultanan Siak sesuai PP Nomor 18 Tahun 2021,” Terang Datuk Dr. H .Misri Haanto.M.Kes.

Ketua LKPASI Riau ini menambahkan saat ini semua persiapan dan agenda Milad sudah disusun dan Kepanitiaan sedang bekerja sampai pelaksanaan Milad nantinya.

Penulis : Datuk H.Yan Faisal
(Penasehat Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *