LENSARIAUNEWS.COM | Gunung Sahilan – Memasuki malam ke 16 Bulan Ramadhan 1444 H tahun 2023, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM Pimpin Lansung Tim Safari Ramadhan Kabupaten Kampar ke Masjid Jami’ Assalam Desa Subarak Kecamatan Gunung Sahilan, Kamis 06/04/2024.

Pada safari kali ini Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol menyampaikan kondisi kabupaten Kampar saat ini.

Di sampaikan Pj Bupati Kampar bahwa Kabupaten Kampar baru – baru ini meraih penghargaan KUR terbaik se Provinsi Riau.

Untuk itu kedepannya kami akan terus berkomitmen untuk mendorong KUR ini, karena dana ini turun langsung ke masyarakat yang dipergunakan untuk hal yang produktif.

Kemudian di sektor perikanan Kampar merupakan penghasil patin terbesar di Riau dan kita sudah mengekspor hasil perikanan kita ke Malaysia dengan produk Abon patin melalui Apindo, dan insha Allah tidak berapa lama lagi akan berdiri pabrik abon patin di Kabupaten Kampar”. Tambahnya

Begitu juga dengan pabrik nenas, pabrik nenas juga akan berdiri di Kabupaten Kampar, kita membutuhkan area kebun nenas minimal 3000 sampai 5000 heaktar karena nenas tersebut akan diproduksi setiap harinya sebanyak 30 ton perharinya.

Sedangkan untuk ketahanan, Bapak Kamsol sampaikan Ada tiga program ketahanan ketahanan pangan di kabupaten kampar diantaranya ternak ayam kampung, jagung/padi, dan perikanan.

Selanjutnya untuk mencegah stunting, kepada ibu – ibu hamil, makanlah makanan bergizi agar anak anak kita terhindar dari stunting.

Kita juga telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Kabuapten Kampar agar melaksanakan Gerakan Kampanye Serentak Berikan Makanan Bergizi untuk seluruh Balita di Kabupaten Kampar melalui Puskesmas di masing-masing Kecamatan yang berfungsi untuk membantu menekan angka Stunting di Kabupaten Kampar. Katanya

Selanjutnya pemerintah kabupaten kampar sekarang menggalakkan program Gerakan peduli Tetangga, didalam alquran telah di jelaskan kepada kita untuk berbuat baik kepada sesama.

Untuk itu sesuai dengan program kita, marilah kita bantu tetangga kita yang kesusahan, perhatikankanlah tetangga, serta apabila ada tetangga kita yang sedang dalam keadaan sakit bantulah, jika tidak bisa kita bantu sendiri, lapor kepada kepala desa dan camat.

Kamsol juga sampaikan tentang persoalan data kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Kampar yang termasuk data yang tertinggi. Untuk itu dengan ikut mendukung Program Peduli Tetangga, secara tak langsung ikut serta dalam mengentaskan kemiskinan di Daerah kita ini.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *