LENSARIAUNEWS.COM | Bangkinang Kota – Mengingat Bulan Suci Ramadhan 1444 H tinggal beberapa hari lagi, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM mengeluarkan surat edaran tentang Aktivitas Bulan Suci Ramadhan 1444 H / 2023 M(21/03/2023)

Hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM melalui Plt Sekda Kampar Ir. Azwan, M.Si saat memimpin rapat yang diadakan di Lantai III Kantor Bupati Kampar di Bangkinang, Selasa 21/03/2023.

Pada surat edaran tersebut dikatakan Ir. Azwan ini himbauan Pj Bupati Kampar kepada masyarakat di Kabupaten Kampar yang pertama untuk menyambut bulan yang suci ini dengan penuh semangat dan keikhlasan seraya memohon keridhaan Allah Azza wa Jalla untuk menjaga kesucian Bulan Ramadhan.

Kedua Memanfaatkan Bulan Suci Ramadhan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan bertaubat, memperbanyak ibadah, istighfar, berdo’a, dzikir, membaca AlQur’an, dan Ketiga Memakmurkan masjid atau mushalla dengan sholat fardhu, sholat tarawih, sholat witir, dan sholat sunat lainnya serta memperbanyak infaq/sedekah dan wakaf serta menjauhi segala bentuk maksiat agar dijauhkan dari musibah dan mara bahaya.

Selanjutnya Keempat Setiap pemilik toko, kedai, kios dan tempat usaha lainnya agar menghormati orang-orang yang berpuasa dan orang-orang yang melaksanakan qiyam ramadhan, kepada rumah makan agar dapat menutup rumah makan di siang hari.

Kelima Dilarang menghidupkan bunyi-bunyian yang menganggu ketenangan Bulan Suci Ramadhan seperti petasan, mercon, meriam bamboo dan sejenisnya dan Keenam Kepada masyarakat non-muslim agar menghormati dan menjaga kesucian Bulan Ramadhan.

Pada himbauan Ketujuh juga disebutkan Dalam penyelenggaraan ibadah dan dakwah di bulan Ramadhan, segenap umat Islam dan para muballigh/penceramah agama agar menjaga ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah serta tidak mempertentangkan masalah khilafiyah yang dapat mengganggu persatuan umat.

Dan pada poin terakhir atau kedelapan Para muballigh/penceramah agama diharapkan berperan memperkuat nilai-nilai keimanan, ketakwaan, akhlaqul karimah, kemaslahatan umat dan nilai-nilai kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui bahasa dakwah yang tepat dan bijaksana sesuai tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Inilah himabaun Pj Bupati Kampar Dr.. H. Kamsol MM atas nama Pemerintah Kabupaten Kampar, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H /2023 M” Tutup Plt Sekda Kampar Azwan. (Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *