LENSARIAUNEWS PELALAWAN – Usai menghadiri acara Hari Desa Asri Nusantara 2023, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan penanaman pohon secara simbolis di Lapangan Bola Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Senin (20/03/2023).

Penanaman pohon ini secara serentak juga diikuti oleh seluruh desa se-Indonesia secara daring, yang diwakili oleh 8 titik desa. Adapun jenis pohon yang ditanam secara simbolis oleh Wapres adalah pohon kelengkeng.

Dalam sambutan yang disampaikan sebelum melakukan penanaman pohon, Wapres mengingatkan, bahwa menanam pohon merupakan sebagian dari iman. Sebab, dengan menanam pohon, maka manusia telah turut mengambil perannya dalam menjaga dan memakmurkan bumi.

“Diantara itu banyak hal yang harus dilakukan, menanam pohon salah satu cabang daripada iman. Artinya, menunjukkan itu adalah bagian daripada keimanan,” imbuh Wapres.

“Nabi mengatakan kalau besok kiamat datang, hari ini bisa tanam pohon. Jadi menanam pohon merupakan bagian daripada iman dan perintah Nabi Muhammad SAW,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Wapres pun turut berpantun sembari menyampaikan harapannya, agar penanaman pohon yang dilakukan hari ini dapat memberi kemaslahatan bagi seluruh umat manusia, melalui desa yang asri dan hijau.

“Menanam pohon di Kabupaten Pelalawan. Pohon rindang, bumi berseri-seri. Bangun desa sepenuh hati nyalakan harapan. Desa Indonesia, ASRI dan Mandiri,” tutup Wapres melalui pantunnya.

Gerakan menanam pohon pada hari ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat desa untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga keasriannya, serta menjadi langkah konkret desa demi mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. Gerakan penanaman pohon ini dilakukan dengan target sebanyak 8 juta pohon di seluruh Indonesia. (AMRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *