LENSARIAUNEWS.com/Kuansing-Ketua DPC Partai Demokrat Kuantan Singingi, Fedrios Gusni, mengajak masyarakat Kuansing, terkhusus Warga kelurahan Muara Lembu untuk menghadiri acara ajang lomba grasstrack dan motorcross serta Balimau Kasai dua hari jelang Ramadan. Acara tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, pada 21 hingga 22 Maret 2023. Pagi hingga petang WIB.

Fedrios Gusni menyebutkan acara Balimau Kasai akan dihadiri Plt Bupati Kuansing Drs H. Suhardiman Amby, Ak, MM, segenap Kepala Dinas pada lingkungan Pemkab Kuansing, terutama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, seluruh Kepala desa se-kecamatan Singingi, serta segenap tokoh masyarakat dari berbagai elemen di kecamatan Singingi.

“Bagi masyarakat Muara Lembu Balimau Kasai mempunyai makna yang mendalam yakni, bersuci sehari sebelum Ramadhan setiap tahunnya. Biasanya dilakukan ketika petang sebelum Ramadhan berlangsung. Tua-muda turun ke sungai dan mandi bersama. Balimau, artinya membasuh diri dengan ramuan rebusan limau purut atau limau nipis. Ini adalah tradisi,” jelas Fedrios Gusni saat ditemui CENTRO di Pantai Muara Lembu saat “Cek and Ricek” kesiapan jelang acara dimulai.

Hambali, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Muara Lembu, selain mengajak, ia juga mengatakan Ivent Motorcross dan Mandi Balimau adalah ajang silaturahmi untuk saling memaafkan dan saling mengenal. “Ivent ini tentunya kita kedepankan ajang silaturahmi jelang Ramadhan untuk saling bertatap muka saling bersalaman memaafkan dan juga agar saling mengenal,”Jelasnya kepada Centro Riau

Tidak hanya itu, Anggota DPRD kabupaten Kuansing, Fedrios Gusni juga menyebutkan ratusan lapak untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) digratiskan!

“Selain ivent ini religi dan olahraga, juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, seperti lapak UMKM tidak dipungut biaya, semua pemilik UMKM dipersilahkan berjualan seputar Pantai Muara Lembu ini,”tutup Fedrios Gusni pada saat Senja Indah mulai menyapa di Pantai Tersebut.

(Rusman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *