LENSARIAUNEWS.COM | PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dibawah kepemimpinan Pj Wali Kota Muflihun SSTP MAP menerima penghargaan dalam ajang APBD Award 2023 dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pencapaian luar biasa Kota Pekanbaru yakni, dinobatkan sebagai Peringkat Pertama Tingkat Kota Realisasi Belanja Daerah Tertinggi APBD tahun 2022 dan Peringkat Ketiga Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tertinggi Tahun Anggaran 2022

Penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, A Fatoni kepada Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, Kamis (16/3/2023). Acara penghargaan ini juga bertepatan dengan dilaksanakannya rapat koordinasi nasional (Rakornas) Keuangan Daerah 2023.

Dalam sambutannya, Dirjen Bina Keuangan Daerah A. Fatoni, mengatakan bahwa dalam menentukan para peraih penghargaan APBD Award 2023 terlebih dahulu pihaknya melakukan penilaian. Dimana dalam prosedur penilaian tersebut didasarkan dari perhitungan melalui Laporan Realisasi Anggaran (LRA).

“Kemudian dari LRA dibentuk tim yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan hari ini. Berbagai upaya dilakukan dalam percepatan realisasi APBD. Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya yang cukup baik,” ucapnya.

Sebelum mengakhiri laporannya, Fatoni menekankan bahwa peraih penghargaan ini merupakan tanda seorang kepala daerah yang berkualitas. Ia juga memastikan Kemendagri terus mendorong percepatan realisasi APBD dengan melibatkan kementrian dan lembaga untuk melakukan monitoring dan evaluasi ke depannya.

Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas kinerja kepala daerah dalam rangka percepatan realisasi APBD. Semoga tahun ini bisa lebih ditingkatkan,” pungkasnya.

Kesuksesan Pemko Pekanbaru dalam membawa capaian realisasi pendapatan dan peningkatan PAD secara nasional ini, turut diakui Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, juga berkat kinerja jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru. Utamanya sinegritas dalam mewujudkan target-target pendapatan yang telah ditetapkan.

“Alhamdulillah, semoga tahun ini semakin bisa ditingkatkan. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh OPD Pemko Pekanbaru dengan turut serta didukung masyarakat kita,” ujar Pj Walikota Pekanbaru.

Dirincikan orang nomor satu di Pekanbaru ini, pada tahun anggaran 2022 pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp2,49 triliun rupiah lebih, dengan realisasi sebesar 2,32 triliun rupiah lebih atau 99,50 %.

Yang terdiri dari Pertama, pendapatan asli daerah (pad) yang ditargetkan sebesar 840,10 milyar rupiah lebih dapat direalisasikan sebesar 799,20 miliar lebih atau 95,11 persen.

Kedua, pendapatan transfer yang ditargetkan sebesar Rp1,65 triliun lebih dapat direalisasikan sebesar Rp1,680 triliun lebih atau 101,7%. Dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

“Secara keseluruhan anggaran belanja daerah sebesar Rp2.52 triliun dengan realisasi belanja daerah tahun 2022 adalah sebesar Rp2,49 triliun lebih atau 98.91 persen,” rincinya.

Dijelaskan Muflihun, capaian ini sekaligus menunjukan bahwa penyerapan APBD di Kota Pekanbaru sepanjang 2022 dikelola dengan sangat baik. Percepatan realiasi anggaran, lanjutnya, terus diupayakan Pemko Pekanbaru untuk mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Realisasi pendapatan APBD yang tinggi menjadi gambaran bahwa uang negara telah dikelola secara baik dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan,” pungkas Muflihun.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *