LENSARIAUNEWS.com/Rohil – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dibawah kepemimpinan Indra Gunawan SE MH tak main-main dalam melakukan pengamanan terhadap seluruh website yang dimiliki Pemda Rohil dari serangan hacker.

Dimana, sebelumnya beberapa situs website milik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga tidak terlepas dari ulah para hacker. Bahkan, beberapa website Pemda Rohil tersebut sempat mengalami maintenance dan tak dapat diakses oleh masyarakat.

Gunas mengatasi masalah tersebut, Indra mengungkapkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) dan Pengelola Domain Indonesia (PANDI).

Bahkan Dinas Kominfo Rohil juga menyampaikan petisi kepada tiga lembaga tersebut. Petisi tersebut disampaikan Indra pada pertemuan Forum Perangkat Daerah tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Royal Asnof Pekanbaru pada hari Selasa 7 Maret 2023 yang dilaksanakan Diskominfotik Riau.

Kadiskominfotik Indra Gunawan SE MH saat dikonfirmasi, Kamis (9/3/2022) menerangkan, dalam pertemuan yang dihadiri seluruh Kepala Dinas Kominmfo se Riau tersebut, dirinya membacakan Petisi yang langsung didengar oleh pihak BSSN yang hadir secara virtual.

Adapun isi petisi yang disampaikan Kadiskominfotik Rohil yakni “Kepada yang terhormat Bapak Menteri Komunikasi Republik Indonesia di Jakarta, harap penanggulangan serangan siber di situs resmi pemerintah daerah, kami atas nama Dinas Komunikasi nformatika Statistik dan Persandian Kab upaten Rokan Hilir, dengan ini meminta kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Badan Siber Sandi Negara, Pengelola Domain Indonesia, agar segera mengambil langkah kongkrit dalam menangani serangan hacker secara terus menerus terhadap domain go.id, yang menyerang situs situs kementerian dan situs pemerintah daerah, guna menghindari polemik yang lebih luas bagi masyarakat.

“Demikianlah petisi ini kami buat, mohon dukungan dari seluruh pihak dan mohon untuk ditindaklanjuti,” kata Indra Gunawan.

Dengan masifnya serangan hacker tersebut, Kadiskominfotik juga telah meminta kepada seluruh OPD untuk terus waspada. Sebab katanya, hingga saat ini serangan terus berlangsung dan pihaknya terus bekerja keras setiap hari menghapus malware yg ditanam hacker tersebut.

Petisi yang disampaikan Kadiskominfotiks Rohil itu juga bukan tanpa alasan. Indra mengkuatirkan dengan seringnya serangan ini, akan membuat masyarakat menganggap bahwa Pemkab Rohil melalui Diskominfo tidak terbuka kepada masyarakat dikarenakan website pemerintah daerah kerap maintenance.

“Jangan sampai masyarakat menilai kominfo Rohil menutup diri disebabkan beberapa Website Pemda Rohil yang sempat maintenance karena serangan hacker, kita sangat terbuka untuk itu bahkan pak Bupati telah meraih penghargaan,” paparnya.

Indra menambahkan, pihaknya juga telah menyurati BSSN dan meminta untuk dilakukan Forensix Shell terhadap website dan aplikasi pemkab Rohil dan juga telah mengontak dan menyurati Bidang Persandian Diskominfotik Prov Riau agar dapat menurunkan Tim CSIRT (Computer Security Incident Response Team) ke kabupaten Rohil.

“Jangan sampai ada OPD yg terinfeksi serangan ini lagi dan semoga saja kawan-kawan Pemda maupun Pemko daerah lain juga dapat meningkatkan kewaspadaan siber mereka dengan apa yang terjadi pada kami,” pesan Indra. (Rilis Diskominfotiks).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *