Lensariaunews.com,(Pekanbaru/Riau)– Gedung Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru terlihat tidak dipelihara dengan baik, sehingga banyak yang rusak dan tak layak. Patut kiranya dipertanyakan anggaran pemeliharaan gedung simbol pendidikan di kota Bertuah ini.

Salah satu yang terlihat rusak adalah lambang Tut Wuri Handayani yang posisinya terletak di bagian atas depan gedung Disdik Kota Pekanbaru, Kamis (2-3-2023). Selain lambang yang tinggal satu sayap saja, warna cat dinding terlihat kusam dan usang.

Saat akan mengkonfirmasi hal tersebut, Kepala Disdik Kota, Jamal dan Sekretaris Disdik Kota, Muzailis tidak berada di tempat, “Ikut acara Pak Wali, Isra Mi’raj” ungkap staf di kantor tersebut. Saat mendatangi ruangan kerja Kepala Bidang Sarana Prasarana Disdik Kota, Multifery. Yang bersangkutan tidak berada di tempat.

Multiferi, memang pejabat yang paling sulit dijumpai di kantor ini, lebih gampang jumpa Kadis, ungkap salah seorang tamu yang sering ke kantor ini. Multiferi sering tidak berada di tempat, “Mungkin takut ditanyai perihal pekerjaannya” Dia kan pegang semua sarana prasana di Dinas ini. ungkapnya

Banyaknya bangunan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang memprihatinkan, menjadi pertanyaan besar bagi kita, seperti apa pelaksanaan pemeliharaan gedung serta sarana dan prasarana di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, seperti apa penempatan anggaran pendidikan yang berkaitan dengan infrastruktur dan pemeliharaan gedung.

Menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung, pemeliharaan bangunan gedung adalah kegiatan menjaga keandalan bangunan gedung beserta prasarana dan sarananya agar bangunan gedung selalu laik fungsi. Peraturan Menteri ini seharusnya menjadi pedoman untuk mewujudkan bangunan gedung yang memenuhi syarat keselamatan, kenyamanan bagi pemakai gedung.

Bobroknya pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru akan berdampak ke pemeliharaan sarana dan prasarana Sekolah di jajaran Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Perlu kita ketahui bahwa sarana dan prasarana Sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di Sekolah.

Pencapaian proses belajar mengajar yang baik tentunya dapat dicapai apabila ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan dikelola dengan optimal. Dalam hal ini terlihat pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tidak dikelola dengan baik, untuk itu kita berharap adanya pengawasan yang optimal dalam pelaksanaan sarana dan prasarana di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

(Rilisan Sekwil FPII)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *