Lensariaunews.com,(PELALAWAN)- Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) KPU Kabupaten Pelalawan telah berkeliling sejak 12 Februari hingga 14 Maret mendatang untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pada calon pemilih pemilu 2024.

Komisioner KPU Pelalawan H Priyono mengatakan target sasaran pencocokan dan penelitian ini terhadap 277.531 ribu kepala keluarga.

“Hasil dari Coklit ini akan digunakan sebagai salah satu dasar untuk mengubah daftar pemilih sementara menjadi daftar pemilih tetap untuk pemilu 2024 mendatang,” urainya di Pelalawan, Sabtu(25/02/2023).

Priyono menjelaskan pihaknya menerjunkan 1.036 orang petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk mencocokkan dan meneliti data calon pemilih dengan mendatangi langsung masyarakat sebelum nanti ditetapkan sebagai data pemilih sementara pada Pemilu 2024.

“Seluruh petugas yang diterjunkan itu tersebar di setiap desa atau setiap tempat pemungutan suara (TPS) satu petugas Pantarlih untuk melakukan pencocokan dan penelitian masyarakat yang memiliki hak pilih,” tuturnya.

Seluruh petugas Pantarlih itu, kata dia, dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih dengan cara mendatangi rumah warga.

“Tugas pantarlih nantinya akan melakukan Coklit dengan cara mendatangi pemilih secara langsung. Setelah melakukan tugas di lapangan, tahapan berikutnya dari hasil data itu menjadi bahan untuk penyusunan daftar pemilih sementara yang dilakukan oleh PPS,”ucapnya.

Priyono menghimbau agar warga pro aktif dalam pendataan coklit tersebut sehingga dapat berpartisipasi pada pemilu 2024 yang setahun lagi akan berlangsung.

(Darmansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *