Lensariaunews.com ,Tanah Putih Tanjung Melawan- (Rohil)-Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman turut hadir mendampingi Presiden RI Jokowi dan Gubernur Riau Syamsuar melakukan peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dumai Rohil Bengkalis (Durolis), Kamis (5/1/2823) di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Selain Bupati Rohil turut hadir Bupati Bengkalis Kasmarni dan Walikota Dumai H Paisal. Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerjanya kali ini yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Peresmian itu ditandai dengan pemutaran tuas kran jaringan distribusi utama dan menandatangani prasasti oleh Presiden. Usai meresmikan, Presiden RI dan bupati Rohil beserta rombongan juga melakukan peninjauan melihat sumber air dari sungai rokan dan melihat kondisi mesin SPAM Durolis.

Dalam pidatonya, Jokowi mengaku pelayanan air bersih memang masih jadi kendala hampir di setiap Provinsi Kabupaten Kota. Oleh sebab itu, Jokowi merasa bersyukur siang ini bisa meresmikan spam Durolis yang bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32ribu rumah tangga saat ini di tiga kabupaten.

“Proyek ini menghabiskan dana 396,6 miliar, uang yang tidak sedikit yang dikeluarkan kementerian PUPR dan tanah 5 hektar yang disediakan oleh Pemkab Rohil,” ungkap Jokowi.

Oleh sebab itu karena penggunaan nya spam saat ini baru 400 liter per detik, diharapkan Presiden karena masih memiliki space atau ruang yang masih banyak lagi disalurkan ke rumah tangga ini akan ditindak lanjuti terus untuk segera diselesaikan.

“Semoga SPAM Durolis ini menjadi penyedia air minum dengan kualitas yang baik masyarakat Rohil Dumai dan Bengkalis yang akan menyematkan dan mensejahterakan masyarakat kita,” sebutnya.

Sementara itu Bupati Rohil merasa sangat bangga atas kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu dan telah sukses melakukan peresmian SPAM Durolis. Atas kedatangan presiden, bupati Rohil juga sempat berbincang dengan presiden dan menyampaikan berbagai hal terkait kondisi Rohil saat ini.

Disampaikan Bupati kepada Presiden, bahwa Kabupaten Rohil yang sebagai negri penghasil Migas dan CPO masih banyak memiliki kendala pembangunan infrastruktur baik itu jalan lintas pesisir ke Kubu dan abarasi sungai Rokan.

“Tadi juga disampaikan langsung oleh pak presiden kepada menteri PUPR bahwa dalam waktu dekat ini turun segera ke Rohil, mudah-mudahan ini bisa segera terealisasi,” harapnya.

Terkait Durolis lanjut Bupati, aliran airnya saat ini baru ada tiga Kecamatan yakni Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Bangko Pusako. Diharapkan Bupati melalui APBD Rohil kedepannya akan dianggarkan agar saluran air nya bisa sampai ke Kecamatan lainnya.

Untuk diketahui, sebelumnya presiden Jokowi 2018 lalu pernah datang ke Rohil melaksanakan peresmian peremajaan sawit. Usai meresmikan SPAM Durolis, Presiden RI langsung bertolak ke Kota Dumai untuk melakukan kunjungan kerja ke PT Pertamina Hulu Rokan. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *